usaha sampingan pns

5 Usaha Sampingan PNS untuk Menambah Penghasilan

Banyak orang beranggapan bahwa dengan menjadi PNS, hidupnya akan enak dan kebutuhan serba ditanggung pemerintah melalui tunjangan. Namun, nyatanya tidak semua seindah yang dilihat, karena masih banyak PNS yang mendapatkan gaji pas-pasan untuk membiayai hidupnya. Dengan keadaan tersebut, membuatnya harus putar otak mencari sampingan. berikut adalah 5 usaha sampingan PNS yang dapat dicoba:

1. Bisnis Online Shop

Salah satu kegiatan yang menguntungkan apabila ketika membuka aplikasi e-commerce bukan hanya untuk berbelanja, melainkan untuk berjualan. Berbisnis secara online kini lebih mudah, karena bisa dilakukan dimanapun dan kapanpun. Namun, usahakan untuk tidak mengganggu jam kerja saat menjadi pegawai seperti biasa.

Bisni Online shop ini merupakan hal yang sedang berkembang di Indonesia dan masih banyak peluangnya. Bila hal ini terus ditekuni, bukan tidak mungkin akan berkembang menjadi sebuah bisnis yang besar. Perkembangannya yang pesat akan membuat sang pegawai memiliki pendapatan yang berlipat dan dapat digunakan untuk masa pensiun nantinya.

2. Menjadi Blogger

Kedua, profesi atau pekerjaan sampingan yang bisa dikerjakan tanpa perlu mengganggu pekerjaan utama seorang PNS adalah menjadi blogger. Pekerjaan ini bisa dimulai dengan menuliskan apa saja yang disukai, bisa dengan berbagi pengalaman sebagai PNS, atau menceritakan hal menarik lainnya.

Jika pengunjung yang membaca blog ramai, bukan tidak mungkin akan mudah dikaitkan dengan adsense. Selain adsense juga masih terdapat peluang lain seperti menjadi pemateri yang diundang pada suatu seminar karena tertarik dengan tulisan-tulisan yang terdapat pada blog yang dimiliki.

3. Menjual Makanan

Bisnis makanan memang selalu terlihat menggiurkan di tengah perilaku masyarakat Indonesia yang sangat antusias terhadap sektor ini. Ditambah lagi kini sudah banyak jenis makanan yang membanjiri dunia kuliner tanah air. Sebut saja yang ramai akhir-akhir ini seperti dimsum, shrimp roll, seblak, dan lain sebagainya.

Namun jika melihat pekerjaan PNS yang harus bekerja setiap harinya dan tidak mungkin meninggalkan pekerjaannya, yang mungkin dilakukan adalah menjual makanan yang diawetkan. Menjual makanan yang diawetkan tidak perlu untuk berada di warung setiap hari, cukup menunggu pesanan saja.

4. Membuka Les Privat

Usaha selanjutnya yang bisa dijadikan sampingan selain pekerjaan utama sebagai PNS adalah dengan menjadi guru les privat. Pekerjaan ini bisa dilakukan jika dirasa masih memiliki energi atau waktu yang cukup selepas bekerja. Bahkan jika ingin mengambil waktu luang di akhir pekan, ini masih bisa dijadikan pilihan.

Biasanya les privat akan dibayar per jam sesuai dengan tingkat sekolah siswa yang diajari. Pendapatan yang didapatkan akan cukup besar apalagi jika dalam satu waktu mengajar 2 atau lebih anak murid sekaligus. Dengan pendapatan tersebut, tentu akan cukup untuk menambah penghasilan bulanan seorang PNS.

5. Usaha Kontrakan

Sampingan yang terakhir ini mungkin paling menguntungkan dari keempat usaha sampingan PNS diatas. Jika membuka usaha ini, seseorang tidak perlu banyak bekerja, cukup menawarkan rumah kosong untuk disewakan saja. Namun memang untuk merealisasikan usaha ini, harus dilakukan dengan modal yang cukup tinggi untuk mendapatkan penghasilan yang besar juga.

Bisnis seperti ini akan sangat menguntungkan, terlebih rumah yang akan disewakan berada dengan pusat perkantoran atau pusat kota. Harga dari rumah juga akan meningkat setiap tahunnya seiring lajunya pertumbuhan penduduk yang membuat lahan semakin sempit. Ini dapat membuat harga sewa rumah juga dapat meningkat.

Nah itu dia 5 jenis usaha sampingan PNS yang bisa menambah penghasilan. Semangat untuk menambah penghasilan tentu sangat diperbolehkan, namun jangan sampai abai dengan kesehatan diri sendiri. Beristirahatlah yang cukup sesekali agar terhindar dari penyakit mental seperti stress dan depresi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *