usaha minimarket modal kecil

Bisakah Membuka Usaha Minimarket Modal Kecil yang Sukses?

Usaha minimarket menjadi salah satu bentuk usaha yang tentu banyak diminati oleh sebagian besar orang. Laba besar yang diperoleh tentu menjadi salah satu alasan bisnis ini banyak diminati. Tentu bukan rahasia umum bila membuka usaha minimarket membutuhkan modal yang besar. Nah, lalu bagaimana jika modal yang dimiliki ada di kisaran 19 juta? Cukupkah untuk membuka usaha minimarket modal 19 juta? Simak ulasan berikut ini:

Bisakah Membuat Usaha Minimarket dengan Modal Berkisar 19 Juta

Salah satu langkah yang paling penting saat akan membangun usaha adalah mempertimbangkan modal usaha yang akan digunakan. Tidak terkecuali dengan usaha untuk membuka minimarket sendiri. Bila melihat dalam skala besar, membuka usaha minimarket seakan membutuhkan dana yang begitu besar untuk dapat dimulai. Perkiraan dana diantara 50 juta maupun lebih tentu menjadi persiapan yang sering dipertimbangkan pelaku usaha.

Nah, lalu bagaimana bila ternyata dana yang dimiliki berhenti di kisaran 19 juta? bisakah dana di angka ini digunakan untuk membuka usaha minimarket? Jawabannya adalah bisa. Membuka usaha memang tidak harus selalu harus besar dengan dana besar pula. Salah satu contoh sukses yang bisa diambil hikmahnya adalah kisah usaha minimarket milik tuan Ilham Darwis. Beliau berhasil membuka usaha ini bahkan dengan dana 16 juta pada 2007 lalu.

Tentunya dengan pertimbangan dana yang minim, tuan Ilham Darwis benar-benar memanfaatkan dananya untuk membeli perlengkapan isi minimarket yang dibutuhkan. Beliau memilih untuk membeli perlengkapan rumah tangga seperti pasta gigi, sabun mandi dan lain sebagainya. Perlengkapan harian seperti ini menjadi pertimbangan daftar belanja pertama karena akan lebih cepat laku terjual dibandingkan kebutuhan lainnya.

Bila menilik dari cerita singkat di atas tentunya hal ini bisa menjadi satu acuan yang dapat ditirukan untuk kemudian membuat usaha minimarket sederhana. Tentunya dengan pertimbangan pembangunan tempat serta pembelian perlengkapan isi toko sesuai dengan dana.

Lalu Apa Saja yang Perlu Dipersiapkan untuk Membuka Usaha Minimarket?

Memberanikan diri untuk mengambil resiko saat akan membuka suatu usaha adalah tahap yang pertama kali harus dijalani. Lalu, apa saja persiapan yang harus dilakukan saat ingin membuka minimarket dengan modal 19 juta? Simak ulasan berikut ini:

1. Buat Perencanaan

Membuat perencanaan bisnis akan menjadi satu hal yang penting dilakukan saat akan membuka usaha. Hal inilah nantinya yang akan menjadi suatu gambaran terstruktur untuk pelaku bisnis mulai dari modal, pengeluaran hingga keuntungan yang nanti akan didapat.

2. Siapkan Tempat untuk Membuka Usaha

Mengawali usaha minimarket modal 19 juta yang pertama adalah menyiapkan tempat yang akan digunakan. Silakan gunakan ruang kosong yang ada di rumah untuk menjadi tempat usaha. Menggunakan ruang kosong di rumah untuk membuka usaha tentu akan menjadi langkah hemat dalam membuka usaha. Gunakan ruangan yang disekitarnya ada di pelataran rumah atau bisa juga memanfaatkan garasi.

3. Tentukan Target Pasar Usaha Minimarket

Target pasar perlu diperhitungkan untuk mengetahui sasaran pembeli. Nantinya pelaku usaha bisa menentukan barang mana saja yang sekiranya akan cepat laku. Tentunya melalui target pasar inilah yang akan menjadi salah satu poin untuk membaca situasi dipasaran lokasi usaha ini.

4. Siapkan Peralatan dan Perlengkapan

Langkah selanjutnya adalah mempersiapkan peralatan apa saja yang akan digunakan nantinya. Misalkan saja adalah rak tempat menaruh barang-barang dan juga tempat penyimpanan uang atau kasir. Tahap selanjutnya silahkan tentukan pembelian barang yang akan dijual. Silakan perkirakan antara renovasi ruang, peralatan dan juga barang sesuai dengan uang yang telah diperkirakan diawal.

5. Lakukan Promosi

Tahap selanjutnya yang perlu dilakukan tentunya adalah promosi. Langkah ini perlu dilakukan untuk mengenalkan tempat usaha serta produk yang dijual kepada masyarakat. Lakukan promosi yang unik supaya dapat menarik pelanggan untuk membeli ke minimarket yang tengah dirintis.

Nah, itulah tadi persiapan yang harus disiapkan untuk membuka usaha ini dengan modal 19 juta. Tentunya dengan mempertimbangkan hal-hal tersebut di atas akan memberikan dampak positif dalam perintisan usaha minimarket bagi pelaku usaha meskipun dengan modal yang tidak terlalu besar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *