Pentingnya KOL Marketing untuk Bisnis di Era Digital

KOL Marketing Pentingnya untuk Bisnis di Era Digital

KOL marketing jadi salah satu metode pemasaran yang populer di era digital seperti sekarang. Arti KOL atau Key Opinion Leader adalah seseorang yang memiliki keahlian di bidang tertentu dan bisa memberikan opini terpercaya kepada masyarakat.

Inilah yang membuat KOL dalam marketing memiliki peran penting untuk sebuah bisnis apalagi di era digital sekarang. Tidak heran jika saat ini banyak pebisnis yang menggunakan metode pemasaran satu ini.

Di China, KOL digital marketing bisa mempengaruhi keputusan konsumen saat membeli produk atau barang, bahkan juga bisa menarik banyak konsumen. Jadi, KOL dalam marketing bisa mempengaruhi sekitar 83% konsumen. Bagi pebisnis, tentu saja metode pemasaran ini sangat penting untuk bisnis agar lebih berkembang dengan cepat.

Perlu kamu ketahui, KOL berbeda dari influencer. Meskipun sama-sama memiliki peran untuk mempromosikan sebuah produk, barang, atau jasa, keduanya memiliki keahlian dan media penyebaran yang berbeda lho.

Seperti penjelasan di atas, KOL merupakan istilah untuk seseorang yang memiliki kemampuan di bidang tertentu dan berkaitan dengan produk, barang, atau jasa.

Sementara influencer merupakan seseorang yang memiliki pengikut atau followers banyak di sosial media. Jumlah followers inilah yang membuat orang tersebut memiliki kepercayaan untuk mempromosikan produk, barang, atau jasa dari sebuah brand lewat media sosialnya.

Tidak hanya keahlian, KOL dan influencer memiliki media penyebaran yang juga berbeda meskipun media utamanya tetap sosial media. Selain sosial media, KOL juga bisa meningkatkan marketing sebuah brand lewat cara lain, seperti webinar atau seminar. Artinya, jangkauan khalayak dari KOL lebih luas ketimbang influencer.

Manfaat KOL Marketing dalam Bisnis

Pebisnis yang menerapkan KOL dalam marketing adalah pebisnis yang cerdas. Mengapa? Karena di era digital seperti sekarang, menjangkau konsumen jauh lebih mudah hanya melalui sosial media dan berbagai macam event.

Selain itu, metode bisnis ini juga membuat brand bisa bersaing di tengah banyaknya kompetitor sejenis.

Lantas, apa saja manfaat yang membuat metode pemasaran di era digital ini berperan penting untuk sebuah bisnis? Simak manfaatnya berikut ini.

1. Meningkatkan Brand Awareness

Manfaat pertama dari KOL marketing adalah meningkatkan brand awareness. Kemampuan konsumen untuk mengenali dan mengingat suatu brand akan jadi penentuan saat mengambil keputusan untuk melakukan transaksi pembelian. Brand awareness yang akan melekat di hati konsumen tidak jauh-jauh dari identitas brand, seperti logo, warna, tagline, dan lainnya.

2. Membangun Kepercayaan Konsumen

Saat ini, perhatian masyarakat sudah bergeser kepada orang-orang yang terkenal, memiliki jumlah followers yang banyak, dan kemampuan atau keahlian tertentu. Oleh sebab itu, tidak heran jika kepercayaan masyarakat saat ini sudah bergeser dari iklan pindah ke KOL.

Pergeseran inilah yang juga harus diikuti oleh pebisnis agar mendapat perhatian dan kepercayaan dari konsumen. Semakin tepat memilih KOL untuk mempromosikan produk, barang, atau jasa, maka semakin tinggi kepercayaan konsumen terhadap brand tersebut.

3. KOL Marketing Meningkatkan Penjualan

Sebuah studi mengungkapkan 92% konsumen cenderung mempercayai opini dari KOL daripada iklan. Besarnya persentase inilah yang jadi kunci untuk meningkatkan penjualan produk, barang, atau jasa dari suatu brand.

Bahkan opini atau rekomendasi dari seorang KOL mampu meningkatkan penjualan sebanyak 50 kali. Inilah pentingnya menerapkan KOL digital marketing untuk sebuah bisnis.

Memilih KOL Marketing yang Tepat untuk Bisnis

Memilih seorang KOL dalam marketing tidak mudah lho. Ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan saat memilih KOL marketing agar tujuan bisnis tepat sasaran. Lantas, bagaimana cara memilih KOL digital marketing yang tepat untuk bisnis? Berikut jawabannya.

1. Sesuai dengan Brand

Pilihlah KOL yang memiliki kemampuan, mindset, karakter, dan lainnya yang sesuai dengan brand. Misalnya, kamu memiliki brand makeup, maka pilihlah KOL yang tidak hanya bisa makeup tapi juga mengerti soal produk-produk makeup. Selain itu, perhatikan juga jumlah followers atau pengikutnya.

2. Engagement

Semakin banyaknya followers yang melihat, menyukai, meninggalkan komentar, dan membagikan produk di sosial media, semakin bagus untuk sebuah brand. Banyaknya aktivitas atau engagement di sosial media milik KOL inilah kunci layak atau tidaknya untuk mempromosikan produk, barang, atau jasa dari sebuah brand.

Nah, bagaimana? Tertarik untuk menggunakan metode bisnis satu ini? Jangan lupa untuk mengikuti cara di atas agar tidak salah pilih seorang Key Opinion Leader untuk brand milik kamu ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *