4 Cara Download Aplikasi OBS Studio Terbaru
Berikan Rating!

Konten berupa main game sekarang ini memang banyak penggemarnya. Namun, pernahkah kamu penasaran bagaimana aksi game online tersebut dapat menjadi konten? Tentu saja ada triknya, yakni dengan cara merekamnya. Download aplikasi OBS, maka kamu bisa melakukan record layar pada PC atau komputer.

Mengenal Aplikasi OBS Studio

Bagi para konten kreator Youtube, terutama yang menampilkan konten berupa aksi bermain game tentu tidak asing dengan aplikasi OBS Studio. Aplikasi ini merupakan software perekam layar komputer yang sekaligus bisa kamu gunakan untuk live streaming.

Sudah banyak Youtuber yang download aplikasi OBS untuk memproduksi konten-konten tersebut. Banyak pengguna memilih aplikasi ini karena sudah mengantongi lisensi GPLv2. Dengan begitu, pengguna bisa bebas mengunduh sekaligus menggunakannya secara gratis.

Kelebihan Aplikasi OBS Studio

Ada banyak aplikasi perekam komputer yang dapat kamu coba. Namun, banyak yang memilih aplikasi OBS ini karena menawarkan beberapa kelebihan. Lebih lengkapnya, simak sebagai berikut.

  1. Download Aplikasi OBS Gratis

Menggunakan aplikasi berbayar tentu akan menguras kantong. Bagi kamu yang masih pemula dalam dunia content creator dan terbatas biaya, tentu akan sangat terbantu jika download aplikasi OBS tersebut. Aplikasi ini bersifat gratis dan fiturnya juga lengkap.

  1. Tersedia fitur menangkap dan menyatukan 

Fitur yang dimaksud, yakni kemampuan aplikasi dalam menangkap sekaligus mencampurkan audio dengan video secara bersamaan. Terkadang, kamu harus menangkap beberapa part tertentu pada layar ketika sedang melakukan live streaming. Biasanya, kamu membutuhkan hal tersebut saat membuat konten berupa tutorial atau tips tertentu.

Baca Juga :   Download Aplikasi Vtube Apk Versi Terbaru

Pada saat itulah, kamu memerlukan fitur ini. Selain itu, aplikasi tersebut mampu mencampurkan audio dan video dari berbagai sumber baik dari browserwebcammicrofon, dan lainnya.

RajaBackLink.com
  1. Dilengkapi mixer audio yang intuitif

Meski download aplikasi OBS ini gratis, bukan berarti kualitasnya rendahan. Hasil kualitas videonya termasuk bagus. Bahkan, tersedia fitur mixer audio yang intuitif. Dengan fitur tersebut, kamu dapat melakukan berbagai pengaturan seperti noise audiosupperssiongain, dan lainnya.

Namun, kamu harus mampu mengontrol audio tersebut dengan baik terutama saat melakukan live streaming agar audiens nyaman mendengarnya. Apabila kamu merasa fitur audio tersebut masih kurang, kamu juga bisa melengkapinya dengan menggunakan plugin VST.

  1. Memiliki fitur hotkey

Apa itu fitur hotkey? Ini merupakan fitur yang membantu kamu untuk melakukan tindakan tertentu seperti menghentikan atau memulai streaming cukup dengan menggunakan tombol, mematikan sumber audio, dan sebagainya.

  1. Ada studio mode

Keunggulan aplikasi OBS studio berikutnya, yaitu tersedianya studio mode. Fitur tersebut membuat kamu bisa melakukan pratinjau terlebih dahulu meskipun sedang live streaming. Dengan begitu, kamu dapat mencegah audiens mengetahui kesalahan-kesalahan yang terjadi secara tak terduga.

  1. Termasuk aplikasi legal

Aplikasi ini gratis, tapi apakah legal? Jangan khawatir soal itu karena aplikasi OBS studio ini tersedia secara legal. Kamu dapat mengunduhnya secara langsung melalui situs resmi OBS.

  1. Tersedia dalam berbagai versi

Menariknya lagi, aplikasi ini tersedia dalam beberapa versi. Ada tiga versi, yakni versi Windows 10 & 11, macOS 10.15 dan yang terbaru, serta Linux (Ubuntu 20.04 dan versi terbaru). Jadi, kamu dapat memilih versi aplikasi sesuai sistem operasi di komputer.

Tutorial Memasang Aplikasi OBS 

Tertarik mencoba aplikasi tersebut? Jika tidak tahu caranya, mari simak langkah-langkahnya berikut ini.

  1. Kunjungi situs resmi 

Saat kamu melakukan pencarian cara download aplikasi obs studio, ada banyak situs yang menampilkan hasilnya. Namun, pastikan kamu mengunjungi situs resminya di sini.

Baca Juga :   5 Daftar Link Download Aplikasi Cheat FF Auto Headshot Terbaru 2022, Tenang Anti Banned

Di samping itu, pastikan kamu memiliki jaringan internet yang stabil dan kapasitas memori internal yang mencukupi. Aplikasi ini memang tidak terlalu besar kapasitasnya, yakni sekitar 117 MB untuk versi Windows. Sementara untuk versi lainnya dapat kamu cek secara langsung di sini.

Situs resmi OBS tersebut juga menyediakan layanan fitur kamera. Download OBS virtual camera jika kamu tertarik untuk menggunakan kamera virtual sehingga device untuk memproduksi konten menjadi lebih komplit.

  1. Pilih versi sitem operasi

Seperti penjelasan sebelumnya, aplikasi OBS Studio ini terdiri dari beberapa versi. Untuk itu, download aplikasi OBS sesuai dengan sistem operasi komputer yang kamu gunakan. Jangan sampai salah memilihnya karena nanti kamu hanya akan menyia-nyiakan kuota data.

Mengapa demikian? Setiap versi aplikasi tersebut memiliki karakteristik yang tentunya dapat menyesuaikan dengan sistem operasi komputer. Apabila kamu menggunakan komputer jenis Macbook, maka unduh versi maCOS. Jika kamu menggunakan sistem Microsoft, maka pilih Windows. Jadi, sesuaikan saja dengan sistem komputer yang kamu pakai.

  1. Install Download Aplikasi OBS

Langkah berikutnya, pasang aplikasi tersebut. Namun, tentunya kamu perlu mengetahui tempat penyimpanan aplikasi tersebut. Biasanya, aplikasi yang diunduh dari browser tersimpan secara otomatis di folder Downloads.

Cara menginstall aplikasinya cukup mudah, hanya perlu membuka aplikasi tersebut. Kemudian, tunggu proses instalasi selesai dan jangan lakukan hal-hal yang menghambat proses instalasi seperti lupa mengecas baterai padahal mau habis dan sebagainya. Hal tersebut dapat membuat proses instalasi terhambat atau gagal ketika laptop tiba-tiba mati akibat baterai habis.

  1. Siap menggunakan aplikasi

Terakhir, kamu bisa langsung melakukan testimoni dengan mencoba live streaming menggunakan aplikasi tersebut. Misalnya, dengan melakukan aktivitas di Zoom dan merekamnya atau mencoba merekam aksi main game online.

Baca Juga :   3 Cara Download Aplikasi Perpajakan

Sekian info tentang download aplikasi OBS tersebut. Semoga info tersebut membantu kamu untuk menjadi content creator yang sukses. Meski tampak menyenangkan dari media sosial, tapi profesi tersebut juga membutuhkan ketekunan dalam membuat konten. Buatlah konten yang bukan sekadar menarik atau viral semata, tapi juga bermanfaat bagi audiens.

Link Download Aplikasi OBS Studio

Bagikan Sekarang!

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content Is Protected !!