jualan bensin eceran

7 Tips Jualan Bensin Eceran Ini Perlu Dicoba agar Bisnis Berjalan Lancar

Untuk memenuhi kebutuhan dalam kehidupan sehari-hari, tidak sedikit orang yang memutuskan untuk mencoba usaha baru secara mandiri untuk pertama kali. Salah satu jenis usaha yang dapat dijadikan pilihan dan tidak memerlukan lokasi yang luas adalah jualan bensin eceran di rumah. Selain itu, jenis usaha tersebut dapat menghasilkan keuntungan yang banyak.

Pada umumnya, proses persiapan yang perlu dilakukan untuk memulai jenis usaha ini memiliki persamaan dengan berbagai jenis usaha rumahan lainnya. Hanya saja, pada masa sekarang, jenis usaha berjualan bensin dalam bentuk eceran tidak dapat dilakukan tanpa adanya izin secara legal. Untuk beberapa tips yang lainnya, silakan simak uraian berikut ini:

1. Memilih Jenis Bensin Dahulu

Tips pertama yang perlu dilakukan adalah menentukan jenis bensin yang akan dibeli dalam jumlah banyak kemudian dijual dalam bentuk eceran. Setiap calon penjual dapat mencari tahu dahulu setiap kelebihan dan kekurangan dari jenis bensin sebelum menjatuhkan pilihan pada satu jenis. Ada yang dapat memilih jenis Premium, Pertalite, ataupun Pertamax Plus.

2. Mencoba Menjalin Kerja Sama

Jika baru mencoba jenis usaha ini dan ternyata hanya memiliki modal yang sedikit, maka silakan coba usaha melalui kerja sama. Misalnya, mencoba usaha dengan menjalin kerjasama menjadi distributor dari Pertashop yang dapat dikatakan sebagai anak perusahaan dari PT Pertamina. Selain itu, kerja sama tersebut menawarkan kemudahan dalam izin usaha.

3. Mengurus Perizinan Secara Resmi

Pada masa sekarang, memulai usaha seperti jualan bensin eceran baik di rumah ataupun lokasi lainnya tidak dapat dilakukan secara sembarangan. Oleh karena itu, sebelum benar-benar membuka usaha untuk khalayak umum, sebaiknya urus terlebih dahulu persoalan izin agar tidak terjadi masalah. Proses perizinan dapat dilakukan melalui peraturan yang dikeluarkan PT Pertamina.

4. Menyiapkan Modal dengan Tepat

Sama seperti usaha jualan pada umumnya, jenis usaha ini tetap memerlukan modal dalam jumlah yang tidak sedikit namun dapat disesuaikan. Jumlah modal awal yang diperlukan juga dapat berbeda-beda tergantung pada faktor model jualan yang akan digunakan, secara konvensional atau tidak. Modal tersebut juga dapat dibedakan berdasarkan pada peralatan yang dipakai.

5. Menentukan Lokasi yang Strategis

Selanjutnya terdapat aspek lokasi yang perlu diperhatikan sejak awal dan ditentukan secara tepat sebelum usaha jualan bensin eceran benar-benar direalisasikan. Pemilihan lokasi sebaiknya didasarkan pada kondisi di lingkungan sekitar terutama apakah tersedia usaha dalam jenis yang sama untuk menghindari kompetitor. Selain itu, pemilihan lokasi dapat dilakukan di rumah secara fleksibel.

6. Membeli Peralatan Sejak Awal

Sementara untuk aspek yang berkaitan dengan jenis peralatan yang akan dipakai, sebaiknya dijadikan pertimbangan sejak awal sesuai modal yang ada. Hal ini dikarenakan jika peralatan yang dipakai berupa mesin pom berbentuk, maka mini tentu saja memerlukan modal dalam jumlah jutaan. Sementara jika tidak, maka hanya perlu membeli corong dan botol.

7. Menggunakan Manajemen yang Baik

Terakhir, jika ingin memiliki usaha yang dapat bertahan lebih lama dan menghasilkan keuntungan yang meningkat, maka gunakan manajemen yang baik. Walaupun sering dikategorikan sebagai jenis usaha yang sederhana, usaha ini memerlukan proses pembukuan keuangan secara rutin dan dilakukan secara tepat. Selain itu, penjual perlu memperhatikan update harga bensin secara berkala.

Secara garis besar, usaha sederhana seperti jualan bensin eceran tetap memerlukan proses persiapan yang matang dalam berbagai aspek sejak awal. Selain itu, setiap tips yang dijelaskan secara detail di atas dapat dicoba dan disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi yang dimiliki. Jangan lupa pula untuk menyediakan modal sesuai peralatan yang dipilih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *