Telemarketing : Pengertian, Keuntungan Dan Strategi
Ada banyak cara sebuah industri mencoba untuk mempromosikan produk demi untuk meningkatkan pendapatan mereka. Salah satu cara yang efektif untuk melakukan kegiatan tersebut adalah melalui penggunaan jasa telemarketing. Tidak hanya itu, Anda juga perlu mengatur waktu agar dapat bekerja lebih optimal. Telemarketer biasanya membantu menjual dan mengiklankan produk melalui telepon. Ingin tahu lebih banyak tentang telemarketing dan manfaatnya agar Anda dapat dengan mudah mengeksekusi strategi penjualan Anda? Ikuti detailnya pada artikel kali ini.
Simak Lebih Dalam Mengenai Telemarketing
Mengenal Mengenai Telemarketing
Pernahkah Anda menerima telepon dari seseorang yang tidak Anda kenal mempromosikan produk tertentu? Padahal, tugas telemarketing adalah memberikan layanan sedemikian rupa sehingga calon konsumen tertarik untuk membeli produk tersebut. Kemudian setelah prospek Anda sedikit terpikat, saatnya menciptakan peluang bagi konsumen untuk percaya bahwa mereka akan membeli produk Anda.
Tidak hanya itu, Telemarketing membagikan semua data terkait produk industri. Pelanggan memberikan umpan balik yang baik kepada industri ketika telemarketer berhasil memberikan layanan terbaik.
Tugas telemarketer lain adalah menandatangani kontrak atau mengadakan rapat jika ada. Cara yang satu ini dianggap paling tepat untuk melakukan pendekatan secara individual.
Jika Anda ingin menggunakan jasa telemarketing, ada beberapa hal penting yang perlu diketahui. Apa itu pemasaran jarak jauh yang sebenarnya? Mereka bertindak sebagai orang yang benar-benar mengerti apa yang mereka lakukan dan apa yang mereka jual. Mulai dari insight dasar seperti cara Anda menggunakan produk, apa kegunaan produk, hingga manfaat yang Anda dapatkan setelah menggunakan produk.
Tingkatkan kepercayaan pelanggan dengan menjelaskan produk Anda dengan percaya diri.
Nilai kunci kedua adalah bersikap sopan dan hormat dalam interaksi Anda. Perkenalkan produk Anda dan periksa dasar-dasarnya terlebih dahulu sebelum menawarkannya. Lakukan ini dengan sungguh-sungguh, tanpa paksaan atau mandat. Cukup memanggil target yang dimaksud, meski hanya beberapa detik, sebenarnya bisa mengganggu aktivitas mereka.
Orang yang Anda telepon mungkin sedang berada dalam situasi genting, seperti sedang rapat atau dalam perjalanan jauh. Oleh karena itu, penting untuk menentukan agenda kapan telemarketer perlu menjalankan iklan. Ini karena telemarketing dinamai berdasarkan industri tempat produk diiklankan. Ketika telemarketer gagal berperilaku sopan, itu berdampak besar pada industri.
Tindakan yang terpelihara dengan baik dan dengan kecepatan sedang membuat lawan bicara merasa nyaman
Tidak ada rasa keganjilan dalam kontak mendadak. Satu hal yang perlu diketahui oleh telemarketer melalui telepon adalah jangan menekan calon pelanggan untuk membeli produk yang ditawarkan perusahaan Anda. Itu memaksakan kehendak beberapa orang dan memberi kesan ketidaksesuaian pada pandangan.
Komunikasi yang Efektif dan Efisien
Telemarketing mengharuskan Anda untuk berkomunikasi dengan cara yang efisien dan efisien. Pasalnya, tidak semua prospek yang dihubungi memiliki waktu luang yang cukup untuk merespon telemarketing dengan pembicaraan yang jauh jangkauannya. Ketika telemarketer gagal mengirimkan data secara efisien, pelanggan potensial kehabisan waktu di tengah aksi. Karena tidak banyak calon pelanggan yang mau menjawab panggilan dari orang asing.
Tidak jarang, telemarketer pendatang baru tidak mengetahui apa sebenarnya telemarketing itu. Akibatnya, data yang dikirimkan bertele-tele tanpa titik interaksi yang nyata. Situasi ini sering dikeluhkan warga karena dianggap menghambat produktivitas. Belum lagi ketika telemarketer mengunjungi calon pelanggan, Anda tidak perlu memperhatikan jangka waktu yang tepat.
Melakukan penelitian untuk menentukan target
Anda harus mencobanya agar program pemasaran Anda berjalan efektif. Seperti halnya pasar sasaran, industri harus mengendalikan siapa yang ingin dibidik oleh pasar sasaran. Semua ini harus dilakukan dengan cara yang dapat dipercaya dan menggunakan metode komunikasi yang tepat untuk menanamkan kepercayaan pada klien potensial.
Telemarketer perlu meneliti dan memahami produk yang ingin mereka promosikan. Kecerdasan yang memahami produk membuat calon konsumen membeli produk industri tanpa ragu. Saat telemarketer beriklan, berhati-hatilah dengan aksen dan bahasa yang tidak terlihat memaksa. Kontrol suara tepat sasaran dan menggunakan temperamen yang tepat untuk membuat calon pelanggan merasa nyaman.
Manfaat Telemarketing
Dengan menggunakan kegiatan telemarketing, industri dapat memperoleh manfaat khusus. Manfaat ini tidak hanya mempengaruhi industri, tetapi juga pihak eksternal yang memandang industri secara positif. Keuntungan ini akan menempatkan kami pada posisi penting untuk pengembangan industri yang berkelanjutan di masa depan. Oleh karena itu, telemarketing berfungsi sebagai industri end-to-end.
Pertama-tama, industri memperoleh pelanggan baru. Industri dapat meminta saran dari pelanggan baru. Ini membuat layanan kami sangat baik dan memudahkan klien kami. Telemarketing juga dapat menjaga loyalitas pelanggan, sehingga Anda dapat menggunakan produk industri untuk menjaga loyalitas. Klien lama ini bisa menjadi alat periklanan terbaik Anda.
Tidak hanya itu, cara ini juga membantu menciptakan personal industrial branding yang kuat di era digital.
Pelanggan yang sudah loyal akan cenderung mempromosikan produk Anda ke kerabat terdekatnya. Jika saudara kandung tertarik, perusahaan akan memperoleh pelanggan baru dari pelanggan lama. Seorang pelanggan setia dapat mengundang lebih dari satu orang, dan sebagai hasilnya, keuntungan dari industri terus berkembang. Interaksi dari mulut ke mulut masih dipandang sebagai alat periklanan yang ekonomis.
Apa Saja Keuntungan Menggunakan Telemarketing?
Kontak dari orang asing dapat mengganggu beberapa orang. Terkadang, orang mati lemas karena menerima panggilan dari nomor yang tidak mereka kenal. Tidak banyak orang yang langsung menolak panggilan tersebut tanpa banyak berpikir. Telemarketer yang baik akan menanggapi panggilan pertama Anda dengan ramah tanpa penolakan.
Anda bisa mendapatkan keuntungan dari telemarketing dalam bentuk berbagi pengalaman khusus dan menarik dengan orang lain. Dari beberapa basis yang dihasilkan, para telemarketer yang ingin mempromosikan produknya sangat memperhatikan keluhan pelanggan. Mulai dari omongan tak kenal lelah hingga komplain tentang produk dari industri lain yang tidak sesuai harapannya.
Bagi mereka yang berkecimpung di bidang ini, tak heran jika mereka up-to-date dengan tradisi yang ada. Misalnya, Anda ingin menawarkan aspek jaringan Internet kepada pelanggan potensial Anda. Ketika saya bertanya, orang yang menjawab adalah orang asing dengan keterbatasan bahasa. Selain itu, keluhan pelanggan seringkali merupakan hal pertama yang merusak telemarketing.
Secara tidak sadar, kekuatan bicara terus berkembang seiring banyaknya aktivitas dialog yang melampaui telepon. Walaupun tidak bisa bertemu dengan customer secara langsung, Anda bisa menjelaskan produk dan mematuhi SOP yang berlaku. Cerita telemarketing disajikan terlebih dahulu sebelum menjalankan iklan, sebelum menjalankan tindakan. Tapi cerita ini bisa diajukan oleh telemarketing itu sendiri.
Anda dapat mengambil alih aspek ini dan berbagi tantangan dengan diri Anda sendiri. Bentuk tantangannya adalah menggali kekuatan dialog dengan orang lain. Manfaat ini akan terus mengalir setelah diasah dan ditembus. Kekuatan dialog meningkat secara proporsional dengan bobot data yang terkandung dalam setiap percakapan. Pengiriman yang andal dan teruji memberi pelanggan ketenangan pikiran.
Oleh karena itu, telemarketer bertanggung jawab untuk memastikan bahwa semua target yang dimasukkan ke dalam database dapat dihubungi. Meskipun tidak seketat aspek periklanan lainnya, telemarketing harus tersedia saat informasi dicari. Paling tidak, wajib menyiapkan hasil tindak lanjut trial and error sepanjang hari. Manfaat telemarketing memang ada batas waktunya, tapi bukan berarti Anda bisa bermalas-malasan.
Ketika telemarketing bekerja dengan bebas, target yang diimpikan industri mungkin akan hilang. Untuk melacak kemajuan aktivitas individu, telemarketer memiliki logbook yang dapat digunakan sebagai referensi untuk melihat apakah prospek telah mencapai kemajuan. Hal ini juga berlaku jika telemarketer menerima komplain dari pelanggan. Anda dapat melihatnya di log buku dan melihat pencapaian Anda.
Sebagai seorang telemarketer, dibutuhkan waktu dan uang untuk mendapatkan pelanggan yang diinginkannya. Karena mereka ingin usaha lebih untuk meningkatkan keingintahuan calon pelanggan terhadap produk yang ditawarkan. Telemarketing juga dapat melampaui berbagai layanan yang Anda berikan dan berbagi kebahagiaan Anda dengan pelanggan Anda.
Mendapatkan pekerjaan sebagai telemarketer tidak semudah kedengarannya. Kelihatannya mudah, tapi siapa pun bisa mencobanya. Tidak banyak orang yang menyadari bahwa tugas telemarketing membutuhkan kompetensi khusus, seperti kemampuan berkomunikasi. Menjawab segala keluhan dan saran dari klien membutuhkan respon yang baik dan dapat menahan emosi yang penuh.
Strategi Apa yang Harus Dilakukan
Hal pertama yang harus dicoba adalah melakukan riset terhadap calon pelanggan. Karena adanya tawaran telemarketing, banyak warga yang tidak mengeluhkan keterlambatan. Tidak semua orang menginginkan produk publik, bahkan merasa asing dengan produk tersebut.
Industri harus melakukan penelitian tentang target yang dituju.
Penelitian yang dilakukan harus teliti dan mendetail agar sasaran lebih akurat dan diinginkan. Misalnya, industri ini menargetkan ibu rumah tangga yang memiliki anak. Usia anak harus dirinci, terlepas dari apakah anak tersebut adalah orang dewasa di bawah usia 5 tahun. Jika industri Anda telah menjual produk susu kurang dari 5 tahun, Anda harus mencoba penargetan. Pilih ibu rumah tangga dengan anak di bawah usia lima tahun.
Setelah Anda mengidentifikasi target yang tepat, saatnya mengerjakan produk yang Anda jual. Telemarketer harus terlebih dahulu menguasai produknya sebelum dapat menjangkau orang lain. Uraian rinci ini harus dicoba untuk menentukan calon pelanggan. Bagaimana Anda bisa menawarkan produk khusus tanpa mengetahui untuk apa dan bagaimana produk itu digunakan? Masalah sederhana ini cukup nyata, bukan?
Industri harus memberikan saran tentang pemasaran elektronik terlebih dahulu, sebelum pergi untuk mengiklankan produk. Mulai dari pengetahuan sederhana tentang manfaat penggunaan produk dan fungsi penggunaan, hingga berbagai manfaat yang bisa didapatkan dengan menggunakannya sehari-hari. Pengetahuan produk ini memungkinkan telemarketer untuk menentukan calon pelanggan.
Saat menelepon prospek, diharapkan efisien dan tidak terlalu bertele-tele. Telemarketer harus menyadari hal itu, sehingga mereka mungkin tidak memiliki cukup waktu untuk melayani pelanggan potensial. Sebagai salah satu bentuk strategi telemarketing yang efektif, sebaiknya telemarketer terlebih dahulu menuliskan masalahnya. Dengan log masalah, calon pelanggan dapat membagikan jawaban mereka jika mereka mau.
Gunakan metode 5W + 1H (Mengapa, Apa, Dimana, Kapan, Organisasi Kesehatan Dunia, dan Bagaimana) sehingga pertanyaan mencakup semua informasi yang Anda butuhkan. Metode yang satu ini banyak digunakan untuk mendapatkan informasi yang lengkap dan akurat. Apalagi di aspek lain, kami sudah lama menggunakan metode ini. Menggali berbagai data yang perlu Anda gali lebih dalam dapat dilakukan dengan mudah tanpa terikat.
Tugas Telemarketing
Tugas telemarketer adalah meminta lawan bicara untuk mengungkapkan pendapat tentang produk yang ditawarkan. Karena telemarketing menggunakan alat untuk mengirimkan data, Anda tidak dapat melihat wajah prospek Anda. Telemarketer, bagaimanapun, dapat mengenali ekspresi wajah dari aksen yang digunakan.
Telemarketing mensyaratkan penggunaan bahasa yang santun dengan logat yang ramah dan tidak canggung. Karena Anda mendapatkan cerita tentang apa yang harus Anda tanyakan. Dari catatan masalah ini, telemarketer harus menggunakan bahasa yang sedikit lebih lemah untuk menyiasatinya. Pelanggan potensial dapat merasa nyaman berbicara dengan Anda, bahkan jika Anda tidak benar-benar cocok dengan skrip Anda.
Sangat masuk akal untuk mengikuti target sejalan dengan target industri. Namun, telemarketer terkadang gagal mengiklankan saat menelepon klien. Perusahaan mungkin menawarkan hadiah dalam bentuk ucapan selamat ulang tahun, meminta informasi pelanggan, atau menggunakan layanan keagamaan sebagai bentuk kepedulian terhadap pelanggan. Anda dapat memberikan hadiah pada hari libur.
Ini bukan tanpa alasan, tetapi memiliki keuntungan memiliki efek jangka panjang. Bentuk perhatian ini bisa menjadi poin plus tertentu ketika telemarketing aman untuk pendapatan pelanggan. Ketika ikatan ini berjalan dengan baik, perusahaan menciptakan ikatan yang baik antara dirinya dan klien. Hal ini tentu saja membantu keberlangsungan industri ke depan.
Strategi penjualan yang dilakukan telemarketer juga perlu dipahami oleh industri. Ini memungkinkan Anda untuk menjalankan logistik program Anda tanpa menambah tenaga Anda. Tidak hanya itu, hal ini diupayakan agar lebih efisien dan industri tidak mengalami kerugian. Perhitungan yang cermat diperlukan agar industri tidak mempertahankan nilai terhadap kerugian.
Tidak hanya itu, Anda harus mempertimbangkan bahwa ada risiko yang ditanggung jika Anda mengalami strategi penjualan yang gagal. Selain aspek negatif, industri harus memiliki sikap optimis terhadap program penjualan yang dijalankan. Untuk dapat berpikir ke depan, industri perlu mempertimbangkan saat menerapkan strategi penjualan di luar program telemarketing. Mempertimbangkan hal-hal positif akan meningkatkan semangat Anda untuk menjalankan program yang ada.
Membagi perhitungan fee yang harus dikeluarkan, industri pasti menginginkan jasa seorang akuntan atau yang menawarkan aplikasi akuntansi online. Karena jumlahnya sangat banyak dan beragam sehingga industri sulit melakukannya tanpa jaket. kreasi sehari-hari, Saya juga perlu memperkirakan konsep komputasi dari strategi telemarketing saya.
Informasi keuangan yang terperinci dan rapi menghilangkan kebutuhan industri untuk melakukan banyak perhitungan. Buku harian yang dibuat dapat membantu industri untuk mengenali harga sebenarnya yang dibutuhkan. Anda dapat menguji filter catatan pembayaran dan informasi keuangan secara real time. Setelah Anda mengidentifikasi berapa banyak uang yang perlu Anda keluarkan, Anda dapat menjalankan program telemarketing Anda sesuai dengan rencana Anda.
Menjadi telemarketer adalah profesi yang membutuhkan nyali besar. Karena tidak semua calon pelanggan akan menjawab panggilan Anda. Selain itu, beberapa orang secara terbuka melaporkan cegukan akibat mencoba melakukan panggilan telepon. Untuk membidik pasar sesuai keinginan, industri terlebih dahulu harus melakukan riset agar hasilnya lebih efektif. Menjelajahi planet ini menawarkan berbagai pengalaman menarik.
Saya harap Anda menemukan posting ini dari tutor online bermanfaat ?