WP Rocket : Plugin Cache Untuk Meningkatkan Kecepatan WordPress
Berikan Rating!

Jika Anda memiliki situs web WordPress, Anda harus memasang plugin cache. Karena ini adalah salah satu cara agar loading website Anda lebih cepat. Plugin cache menggunakan WP Rocket akan mempercepat proses loading situs WordPress Anda hingga 75%.

Situs web Anda akan lebih populer di kalangan pengunjung Anda jika halaman WordPress Anda dapat dimuat dengan cepat. Tidak hanya itu, peringkat website Anda di mesin pencari Google juga akan meningkat secara signifikan. Selanjutnya adalah ulasan mengenai plugin ini. Agar anda bisa mempertimbangkan sebelum Anda membeli.

Apa itu WP Rocket?

WP Rocket adalah salah satu plugin cache berkualitas untuk situs web WordPress. Plugin cache ini mempercepat proses loading di situs WordPress Anda. Tentu saja, Google ingin lebih banyak situs web dan halaman diluncurkan lebih cepat.

Banyak situs web besar dan populer menggunakan metode plugin cache untuk meningkatkan tampilan web. Hasilnya, konsumen dapat dengan cepat mengakses situs web besar seperti Facebook dan YouTube.

Plugin cache WP Rocket ini adalah plugin berkualitas tinggi atau berbayar. Plugin cache ini tidak menawarkan paket percobaan gratis. Nah, untuk mendapatkan fungsionalitas dari plugin cache ini, Anda harus membayar terlebih dahulu.

Sebenarnya masih banyak jenis plugin selain plugin cache ini. Selain itu, beberapa fitur dapat digunakan tanpa membayar lagi, seperti plugin cache litespeed.

Namun, ada banyak plugin cache lain yang tersedia secara gratis, tetapi plugin cache yang satu ini pasti jauh lebih baik dari yang lain. Keunggulan tersebut tentunya menguntungkan Anda sebagai pelanggan.

RajaBackLink.com

Plugin cache yang berkualitas akan membuat situs WordPress Anda lebih optimal dan ramah SEO. Ini muncul dalam kecepatan loading dan peringkat di hasil pencarian Google.

Hasil Optimasi Kecepatan WP Rocket

Sekarang, situs saya sudah lama menggunakan WP Rocket dan tidak pernah beralih ke plugin cache lain. Ini karena tampilan sangat bagus dan kecepatan web terasa lebih cepat.

Untuk hosting sendiri, kami CloudFlare dengan lokasi server di Singapura. Anda juga dapat menggunakan template situs web WordPress yang ringan untuk memaksimalkan hasil Anda.

Review Fitur WP Rocket

Keunggulan WP Rocket adalah berada di bagian fitur fungsinya. Plugin cache ini memiliki banyak fitur favorit yang tidak dimiliki plugin lain. Keunggulan ini memungkinkan kami untuk menyamakan plugin cache berkualitas tinggi dengan plugin yang tidak.

Walaupun memiliki fitur-fitur canggih yang Anda sukai, tetapi plugin cache ini sangat sederhana dan mudah digunakan. Plugin cache untuk situs web WordPress ini sangat mudah digunakan untuk pemula karena memiliki sistem instalasi yang tidak rumit.

Faktanya, ini bermanfaat karena Anda dapat dengan mudah mengaktifkan atau menonaktifkan berbagai fitur plugin. Mereka yang cukup baru dalam subjek ini dapat menggunakan plugin ini tanpa pengetahuan teknis apa pun.

Baca Juga :   Tempat Mendapatkan Backlink Gratis dan Berkualitas

Selain mudah digunakan pelanggan, plugin cache ini memiliki beberapa fitur favorit yang membuatnya berbeda dari plugin cache lainnya. Berikut adalah beberapa fitur yang berguna saat menggunakan plugin cache ini.

Fitur Lazy Load Media

Fungsionalitas lazy load media biasanya tidak termasuk dalam plugin cache dan harus diinstal secara terpisah untuk menggunakannya. Namun, plugin cache ini memiliki fungsi ini dan mudah digunakan.

Lazy load media itu sendiri adalah fitur yang berguna untuk menampilkan alat, foto, atau video yang hebat hanya ketika pelanggan ingin melihatnya.

Membersihkan Database

Akumulasi database dan resources di WordPress membuat proses loading situs web menjadi lama dan sulit. Data ini menambah bobot web dan akibatnya memperlambat proses loading.

Oleh karena itu, plugin cache ini menyediakan fungsionalitas yang dapat digunakan untuk membersihkan database dan banyak resources secara otomatis. Fitur ini menghapus data yang tidak diperlukan lagi.

CloudFlare

Plugin cache WP Rocket ini terintegrasi dengan CloudFlare sehingga website WordPress Anda akan berjalan lebih cepat. Hal ini justru menguntungkan pengguna yang menggunakan layanan server CDN.

Fitur ini tidak hanya mempercepat kerja dan pemuatan situs web, tetapi juga membuat situs web lebih aman, terutama dari serangan DDoS.

Kompresi GZIP

Ulasan WP Rocket berikutnya adalah tentang fitur kompresi gzip. Fitur ini sangat canggih. Plugin cache ini juga memiliki fitur untuk membantu kompresi GZIP. Fitur ini membuat file website WordPress Anda menjadi lebih kecil dari sebelumnya.

Ini mengurangi penggunaan bandwidth situs web Anda. Tidak hanya itu, ukuran file yang lebih kecil membuat proses web loading lebih cepat dan mudah.

Selain empat fitur favorit kami di atas, plugin ini memiliki fitur lain yang tidak dimiliki oleh plugin cache lainnya. Berikut adalah beberapa fitur yang tersedia saat menggunakan plugin cache ini:

  • Quick Setup
  • Page Caching
  • Cache Preloading
  • Browser Caching
  • Google Fonts Optimization
  • Minification/Concatenation
  • Defer JS Loading
  • CDN
  • DNS Prefetching
  • Mobile Detection
  • Multisite Compatibility
  • Ecommerce Friendly
  • Multilingual Compatibility
  • Connected Users
  • Import/Export
  • Developer Friendly
  • White Label

Harga WP Rocket

Plugin cache WP Rocket ini tidak menawarkan mode gratis bahkan selama masa percobaan. Untuk menggunakannya, Anda harus membelinya di situs web resmi plugin cache ini. Ada beberapa penawaran paket harga yang bisa Anda pilih sesuai dengan keinginan Anda.

Lakukan pembayaran setelah mengisi data pada tagihan yang mereka berikan. Pembayaran dapat dilakukan menggunakan PayPal atau kartu kredit. Selain itu, perhatikan harga yang berbeda untuk paket yang berbeda.

  • Single, satu tahun, dan satu situs web dengan harga $49.
  • Plus, 1 tahun penggunaan dan 3 situs web seharga $99.
  • Infinite, penggunaan 1 tahun, situs web tidak terbatas tersedia dengan harga $249.

Waspadalah terhadap plugin WP Rocket yang nulled yang didistribusikan secara gratis di situs web dan blog yang terdaftar di google pencarian. Karena plugin biasanya memiliki virus yang disematkan, sehingga bajakan dan berisiko.

Baca Juga :   Jasa Website : 4 Keuntungan Menggunakan Jasa Website Profesional

Cara Menggunakan WP Rocket

Beli, Unduh, Instal

Untuk menggunakan plugin cache WP Rocket ini, Anda harus membelinya terlebih dahulu karena tidak ada versi gratisnya. Untuk membeli plugin, silahkan kunjungi website resminya http://wp-rocket.me secara langsung.

Setelah pembayaran berhasil, verifikasi akun Anda melalui email dan masuk. Masukkan nama pengguna dan kata sandi pelanggan lalu silahkan unduh plugin yang dibeli. Plug-in yang diunduh akan tersimpan di PC Anda.

Setelah mengunduh, instal plugin WP Rocket di situs web WordPress Anda. Kemudian ubah pengaturan di menu pengaturan atau setting WordPress. Saat menu pengaturan muncul, klik opsi WP Rocket.

Dashboard WP Rocket

Setelah berhasil masuk ke pengaturan, Anda akan melihat dashboard plugin WP Rocket. Pada tampilan tersebut, Anda dapat melihat jenis lisensi plugin dan tanggal kedaluwarsanya.

Tidak hanya itu, tetapi Anda akan melihat bagian “My Status” pada dashboard Anda. Pada bagian tersebut, pilih Rocket Tester. Rocket Tester sendiri merupakan program pengujian beta.

Namun, Anda juga dapat memilih bagian Rocket Analytics untuk memberikan informasi secara anonim kepada tim pengembang Anda. Tim mereka kemudian dapat menganalisis fungsi plugin cache dan meningkatkan fungsinya.

Dashboardnya juga memiliki fitur Quick Action yang terdiri dari tiga opsi. Ketiga pilihan dalam menu tersebut memiliki fungsi yang berbeda, seperti:

  • Remove all clear cache:: Opsi ini tersedia setelah Anda menyelesaikan formulir konfigurasi plugin cache.
  • Start cache preloading: Fitur ini akan muncul di halaman utama situs web Anda dan akan dicantumkan dengan tautan.
  • Purge OPcache content: Anda dapat menggunakan opsi ini untuk menghapus Opcache untuk menghindari masalah saat memperbarui plugin.

Selain itu, jika Anda menemui kendala atau kesulitan tentang WP Rocket, Anda dapat memilih opsi Ask Support di bagian FAQ (Frequently Asked Questions). Dengan cara ini tim dukungan plugin akan membantu Anda memecahkan masalah Anda.

Pengaturan Cache

Untuk bekerja lebih baik dan mempercepat situs web Anda, Anda dapat mengonfigurasi plugin cache dengan melakukan hal berikut:

  • Untuk membuat situs web WordPress Anda lebih mudah diakses dari berbagai perangkat seperti smartphone dan tablet, Anda dapat mengaktifkan Enable caching for mobile device. Kemudian pilih Separate cache files for mobile device untuk akses yang lebih memuaskan.
  • Jika Anda memiliki situs web dengan fitur keanggotaan atau sistem masuk per pengunjung, Anda dapat mengaktifkan pada fitur Enable caching for logged in WordPress users.
  • Web Anda dapat mengaktifkan fitur kedaluwarsa cache sehingga Anda dapat mengatur berapa lama menyimpan file cache di situs web Anda. Anda bisa mengaktifkan yang namanya fitur Cache lifespan.

Pengoptimalan File

Jika Anda memiliki situs web dengan lalu lintas tinggi, Anda dapat meminimalkan ukuran file situs web Anda. Anda dapat memperkecil file HTML, CSS, atau JavaScript. Mengaktifkan fitur ini dapat mengurangi penggunaan bandwidth di situs web Anda.

Tidak hanya itu, ukuran file yang lebih kecil juga menghemat biaya hosting. Namun, aktivitas ini juga dapat menimbulkan risiko yang tidak terduga. Anda dapat mengaktifkan minify untuk css dan javascript. Jika ada kesalahan, Anda dapat mengecualikan minify di plugin yang error.

Baca Juga :   Jasa Pembuatan Website Yang Menakjubkan, Kenali 5 Keuntungan Memakainya

Lazy Load Media

Saat fitur lazy loading tools diaktifkan, tools di website Anda hanya akan terbuka saat dilihat oleh konsumen.

Dalam banyak kasus, alat situs web memungkinkan Anda menyertakan situs web lebih lama. Ini karena alat tersebut adalah salah satu item kelas berat di situs web Anda. Mengaktifkan fitur ini membuat mengakses situs web lebih mudah dan lebih cepat.

Preload

Fitur ini membantu merayapi halaman utama situs web Anda dengan plugin bawaan. Tidak hanya itu, tetapi fitur ini memuat cache untuk setiap tautan.

Hanya aktifkan beberapa nilai untuk fitur ini sesuai kebutuhan. Setelah menyelesaikan pengaturan, klik Simpan Perubahan agar pengaturan tadi bisa tersimpan.

Advance Rules

Fitur ini memungkinkan Anda untuk mengatur halaman mana yang akan di-cache. Cache URL, cookie, dan agen pengguna dapat dengan mudah diaktifkan atau dinonaktifkan sesuai kebutuhan.

Menyiapkan pra-aturan ini biasanya diperlukan untuk pemilik situs web yang sadar lingkungan. Setting fitur ini akan membuat website Anda berjalan lebih cepat.

Database

Dengan mengonfigurasi fitur database, Anda dapat menghapus database yang tidak diperlukan lagi di situs web WordPress Anda.

Di bagian ini Anda bisa menghapus berbagai data revisi, draft hingga halaman dalam sampah. Tidak hanya itu, Anda juga dapat menghapus spam, opini, bagan basis data, data sementara, dan menyiapkan program penghapusan otomatis.

CDN

Dengan menghubungkan layanan CDN (Content Delivery Network) dengan plugin cache, situs web Anda akan memuat lebih cepat. CDN itu sendiri adalah layanan server di situs web Anda, dan ada banyak layanan CDN yang biasanya gratis untuk digunakan.

Untuk melakukannya, buka pengaturan CDN Anda dan centang Enable Content Delivery Network. Setelah itu, CDN dan plugin cache berhasil terhubung. Mengaktifkan fitur ini akan meningkatkan respons situs web Anda.

Add Ons

Jika Anda ingin menggabungkan plugin cache dengan akun CloudFlare Anda, Anda dapat menggunakan pengaturan add-on. Untuk melakukannya, pertama-tama Anda harus masuk ke akun CloudFlare Anda. Temukan kolom API Key dan alihkan ke kolom Global API Key di pengaturan Add Ons.

Kemudian masukkan akun email Anda dan masukkan nama pengguna untuk area situs web Anda. Untuk meningkatkan bentuk, ketangkasan, dan kompatibilitas CloudFlare, aktifkan fitur Optimal Setting. Kemudian klik Save Changes untuk menyimpan.

Tools

Jika Anda ingin mengekspor dan mengimpor informasi konfigurasi plugin untuk kemudahan saat memindahkan WordPress ke server lain atau mengubah lokasi, Anda dapat melakukan konfigurasi alat.

Pengaturan alat memiliki tiga nilai, pengaturan ekspor, pengaturan impor, dan rollback, yang dapat Anda pilih sesuai dengan kebutuhan Anda.

Penutup

Itulah tadi mengenai pembahasan review plugin WP Rocket dari Konten Bisnis ID, termasuk harga, manfaat, fitur, dan cara memasangnya di situs WordPress Anda. Dengan menggunakan plugin cache ini, situs web WordPress Anda akan memuat lebih cepat dan peringkatnya bisa lebih tinggi di Google.

Bagikan Sekarang!

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content Is Protected !!