10 Bisnis Produk Ramah Lingkungan yang Masih Laris

10 Bisnis Produk Ramah Lingkungan yang Masih Laris
Bisnis Produk Ramah Lingkungan
Berikan Rating!

Bisnis itu sebenarnya mengeluarkan biaya yang cukup besar, jadi Anda perlu merencanakan dengan matang dan menemukan orang yang mau membeli apa yang Anda tawarkan. Kalau Anda punya ide bagus dan caranya pas, bisnis ini bisa menghasilkan banyak uang. Lebih bagus lagi kalau usaha Anda juga baik buat lingkungan. Nah, mari kita lihat beberapa ide bisnis produk ramah lingkungan yang masih laris dan bisa Anda coba.

Ide Bisnis Produk Ramah Lingkungan

Buat dan Jual Kompos

Salah satu contoh usaha yang baik buat lingkungan adalah buat dan jual kompos. Dengan bisnis ini, Anda bisa memberi pengaruh positif untuk sekitar. Caranya, Anda sortir sampah antara yang bisa terurai sendiri dan yang nggak bisa. Biasanya orang jarang banget ngelakuin ini, padahal kalau dilakukan bisa membantu atur sampah.

Anda bisa ubah sampah yang bisa terurai jadi kompos, yang harganya lebih tinggi. Ini nggak hanya buat bisnis Anda, tapi juga bisa dijual ke penjual tanaman. Biasanya harganya lumayan mahal.

Jadi Konsultan Lingkungan

Kalau Anda tahu banyak soal menjaga lingkungan, itu bisa jadi peluang bisnis. Anda bisa ikut dalam kampanye buat lingkungan, atau kasih saran tentang cara menjaga alam yang benar. Pasti ada orang yang perlu bantuan tentang ini. Dan lagi, Anda bisa ngasih tahu orang cara hidup yang sehat. Ini bisa bikin Anda terkenal dan ngasih untung.

Bukan cuma itu, Anda juga bisa bantu orang ngerti gimana hidup sehat. Jadi Anda bisa cerita ke mereka tentang cara hidup sehat dan juga ramah lingkungan. Kalau Anda tahu banyak soal ini, bisa untung banyak dan bermanfaat buat banyak orang.

Jualan Barang Bekas

Banyak orang simpan barang-barang lama di gudang, yang sebenarnya masih bisa dipake. Kalau Anda lihat peluang, barang bekas ini bisa jadi bisnis yang ramah lingkungan. Kadang orang ganti barang karena tren atau modelnya berubah.

Tapi barang-barang itu masih bisa jadi hiasan yang keren. Ada orang yang suka barang antik, jadi barang-barang dari gudang Anda bisa laku. Anda bisa jual ke mereka yang mau, dan sekaligus membantu kurangin barang yang numpuk di gudang.

Baca Juga Kategori Lain : Cara Jualan

Pengolahan Sampah Elektronik

Sampah elektronik itu susah banget diurusnya, soalnya lama banget hancurnya. Tapi ada peluang di sini buat bisnis. Anda bisa kumpulin sampah elektronik dan jual ke orang yang bisa olah jadi barang-barang hiasan atau kreatif lainnya.

Bikin Barang Keren dari Sampah Lama

Kamu bisa nih memulai bisnis dengan bikin aksesoris dari barang bekas. Coba deh pake skillmu untuk olah berbagai barang bekas jadi aksesoris yang ramah lingkungan. Banyak banget benda bekas yang bisa dimanfaatkan, kayak botol plastik, sisa-sisa kain atau kayu, dan bahkan batok kelapa.

Bisnis Produk Ramah Lingkungan
Bisnis Produk Ramah Lingkungan

Kamu bisa kreasikan barang-barang itu jadi barang yang unik dan bisa dijual. Cobain deh jual hasil kerjamu online atau ke teman-teman dekatmu. Dengan cara ini, kamu bisa dapat untung sekaligus bantu mengurangi sampah di sekitarmu.

Buat Aplikasi Ramah Lingkungan

Kalau kamu jago bikin aplikasi yang peduli lingkungan, ini bisa jadi bisnis loh. Aplikasi ini bisa membantu orang jaga kebersihan lingkungan dengan berbagai cara. Tapi mempromosikan aplikasi ini mungkin masih susah, soalnya belum semua orang tahu. Aplikasi ini punya banyak manfaat bagus buat banyak orang.

Jual Produk Kecantikan Organik

Gak cuma makanan aja, banyak orang juga suka pake kosmetik organik yang ramah lingkungan. Dengan pake produk kecantikan yang ramah lingkungan, kulitmu juga bakal senang. Kalau kamu bisa bikin sendiri kosmetik, bisa coba bisnis ini. Kamu bisa promosikan produkmu di media sosial.

Bikin Sabun Ramah Lingkungan

Nih, bisnis produk ramah lingkungan lainnya, yaitu bikin sabun tanpa deterjen. Kamu bisa minta bantuan teman yang paham soal farmasi. Penting nih untuk bikin sabun yang aman buat lingkungan. Bahan yang digunakan bisa minyak alami atau susu kambing yang lagi hits. Sekarang kan mudah promosi lewat online, bisnis ini bisa untung dan tetap baik buat lingkungan.

Sewa Sepeda

Ada alumni ITB dan Bandung Creative City Forum yang bikin penyewaan sepeda di Bandung. Ada hampir 10 tempat penyewaan, salah satunya di Jalan Buah Batu dan Ir. H. Juanda. Harganya bervariasi, biasanya sekitar 10 ribu sampai 20 ribu per jam. Buat sewa, kamu tinggal tunjukin KTP atau SIM. Dengan bisnis penyewaan sepeda, kamu ikut membantu kurangi polusi. Dan tenang aja, bisnis ini tetap untung gede. Kamu juga bisa buka bisnis produk ramah lingkungan yang menguntungkan.

Jadi, ada banyak peluang bisnis ramah lingkungan yang bisa kamu coba. Selain dapat untung, kamu juga membantu menjaga lingkungan dari polusi. Bisnis seperti ini punya nilai lebih, karena selain untung kamu juga ikut merawat lingkungan. Jadi, berbisnis juga bisa baik dan sehat buat semua.

Belajar Menghasilkan Dari Tiktok Affiliate : Sharing Tiktok Affiliate

You might also like