Hati Lebih Tenang, Ini 5 Cara Menjadi Orang Sabar Dan Ikhlas
Berikan Rating!

Mari Belajar Sistematika Ikhlas

Mari belajar cara menjadi orang sabar dan ikhlas. Saya pernah melihat meme berisi sistematika ikhlas, rumusnya adalah besaran nilai memberi di bagi dengan besaran nilai harapan pengembalian maka hasil tersebutlah yang akan kita dapatkan. Contoh jika Anda memberi satu dan mengharapkan pengembalian dua maka yang akan Anda dapatkan adalah setengah (1 dibagi 2).

Jika Anda memberi satu dan mengharapkan satu, maka hasil yang akan Anda dapatkan adalah satu (1 dibagi 1). Sedangkan jika Anda memberi satu dan tidak mengharapkan apapun maka Anda justru akan mendapatkan hasil yang tak terhingga atau unlimited (1 di bagi 0).

Dari uraian tersebut kita belajar cara menjadi orang sabar dan ikhlas, bahwa bersikap ikhlas (tidak mengharap balasan) saat memberi bantuan kepada orang lain justru akan jauh lebih menguntungkan. Bagaimana cara agar bisa ikhlas saat memberi?

Cara Menjadi Orang Sabar Dan Ikhlas

  • Pertama berilah orang lain bantuan sebagai bentuk syukur atas segala yang selama ini kita dapatkan. Jadi pemberian ini seperti ucapan terima kasih kepada tuhan, kepada semesta alam, jadi seharusnya tidak mengharapkan imbalan lagi.
  • Kedua berilah orang lain bantuan atas dasar ketaatan kita kepada perintah Tuhan karena dalam agama kita tentu ada perintah untuk berbuat sebanyak mungkin kebaikan termasuk membantu mereka yang membutuhkan.
  • Ketiga berilah orang lain bantuan atas dasar kepeduliaan. Ada landasan rasa kasih sayang. Tentu kita akan merasa senang ketika kita bisa memberikan kontribusi terhadap perubahan baik mereka yang kita sayangi.
  • Keempat berilah orang lain bantuan atas dasar kita merasa itu merupakan sebuah kewajiban setiap orang yang sedang diberi kelebihan membantu orang lain yang sedang dalam kekurangan.
  • Kelima berilah orang lain bantuan atas dasar kita merasa bahwa memberi atau membantu orang lain akan memberikan rasa bahagia, damai, tenang, tentram untuk hidup kita sendiri. Jadi disini kita memberi atas dasar kebutuhan rasa damai untuk hidup kita pribadi.

Cara menjadi orang sabar dan ikhlas untuk anda yang hari ini ingin berbagi rezeki secara praktis hanya melalui media online, bisa ikut berpartisipasi dalam program santunan anak yatim dari panti asuhan detailnya bisa Anda lihat di sini >> Platform Kita Bisa

Karena dunia hanya fana dan sementara maka menumpuk harta bukanlah cara terbaik merayakan hidup. Mari kita berbagi, gunakan sedikit harta kita untuk menjadi makna. Dan itu akan melatih kita cara menjadi orang sabar dan ikhlas.

Baca Juga Selengkapnya :

Pengurusan Izin Usaha yang Wajib Diketahui Pebisnis
5 Tips Usaha Jual Telur Keliling yang Harus Diketahui
Mengenal Potensi Kerugian Usaha Jamur Tiram yang Sering Terjadi
Ide yang Bisa Jadi Peluang Usaha Aneka Keripik Ini Mudah Dicoba
Ingin Menjalankan Bisnis Rongsok? Kenali Resiko Usaha Rongsokan
Ini Cara Urus Izin Usaha Sabun Cair yang Harus Dilakukan

RajaBackLink.com

Cara Menjadi Orang Sabar Dan Ikhlas Dengan Menghadapi Masalah

Setiap orang punya sikap yang berbeda dalam menghadapi masalah. Terdapat orang yang mudah stres, selalu mengeluh, tetapi ada pula yang sabar dan berusaha menghadapi masalah dengan tulus. Islam mengajarkan umatnya cara pandang yang terbaik agar masalah yang di hadapi dapat di selesaikan dengan *ikhlas dan tuntas.* Bukan di hindari atau dengan cara lari dari tanggung jawab.

Bagaimana sebenarnya cara pandang seorang Muslim menghadapi masalah?

  • Pertama, memandang masalah sebagai ujian dari Allah subhanahu wa ta’ala. Ujian itu merupakan bentuk perhatian Allah kepada hambaNya. “Kami akan menguji kalian dengan keburukan dan kebaikan sebagai masalah (dalam hidup)“.  (QS. Al-Anbiya’: 35)
  • Kedua, memandang masalah sebagai cara mengangkat derajat. Semua hal yang seseorang dapatkan, kenikmatan maupun kesusahan di jadikan sarana menuju kepada Allah. Kelak Allah akan membalas apa yang di kerjakan hambaNya.

Jika seseorang berbuat kebaikan akan di balas kebaikan dengan di angkat derajatnya. Jika ia berbuat keburukan akan di balas keburukan dengan di siksa karena perbuatannya sendiri. Seorang muslim percaya tidak ada masalah di dunia ini kecuali sesuai dengan kesanggupannya. Ia yakin Allah akan beri kemudahan setelah kesulitan apapun dari masalah kehidupan.

Ada 3 kunci hidup tenang dan damai di dunia.

  • SABAR. Merupakan cara terbaik untuk melewati musibah dan derita. Dengan kesabaran, akan muncul kekuatan untuk tetap bertahan dalam kondisi sesulit apa pun.
  • SYUKUR. Merupakan cara terbaik untuk mendapatkan rasa puas di dalam hati. Betapa banyak orang yang tak pandai bersyukur, entah orang kaya atau miskin. Orang kaya tanpa syukur akan tetap merasa kurang. Orang miskin tanpa syukur mementingkan gaya hidup di bandingkan kebutuhan.
  • IKHLAS. Merupakan cara terbaik untuk melupakan masa lalu yang pahit, rasa kecewa, dan berdamai dengan diri sendiri.
Bagikan Sekarang!

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content Is Protected !!