Hal Unik Dan Sederhana Tips Untuk Menghilangkan Stres
Berikan Rating!

Mengenali Jenis-Jenis Stres

Apa saja tips untuk menghilangkan stres, cari tahu lebih lanjut untuk membaca artikel postingan ini hingga selesai. Ketika banyak kejadian yang gak menyenangkan bertubi-tubi menghempaskan harga diri Anda misalnya, Anda akan pilih stres atau sante wae?

Stres merupakan perasaan terganggu, terusik, atau terancam subjektif yang timbul karena adanya gangguan dari lingkungan seseorang. Sebetulnya stres bukanlah sesuatu yang mutlak negatif. Stres dalam dosis tepat di perlukan untuk bertumbuh dan memaksimalkan performa seseorang.

Tapi respon stres yang berlebihan bisa menimbulkan gangguan klinis, seperti perasaan lelah terus-menerus, burnout, cemas, dan perasan tidak nyaman. Depresi, gangguan psikologi lain, hingga kasus bunuh diri juga semuanya berawal dari stres. Kalau berdasarkan durasinya, stres ini bisa di bedakan menjadi 2 jenis, yaitu:

  • Stres Akut

Di alami dalam waktu singkat dan respon tubuh kembali normal. Misalnya, saat ketemu binatang buas, begal, atau apapun yang bikin kaget. Setelah keadaan aman, stres pun mereda.

  • Stres Kronis

Yaitu ketika seseorang terlalu sering atau terlalu lama menghadapi berbagai hal pemicu stres misalnya orang tua berantem terus, terus-menerus di bully di sekolah, maka ia menjadi lebih sensitif dengan banyak hal.

Stres berkepanjangan akan menyebabkan gangguan homeostasis di dalam otak. Akibatnya, terjadi kegagalan mekanisme adaptasi. Selain itu, bagian otak Hippocampus yang (berkaitan dengan ingatan) mengecil makanya gak heran kalau jadi mudah lupa, tidak bisa fokus atau sulit konsentrasi.

Selain itu, hormon stres membuat pacu jantung dan tekanan darah meningkat, makanya stres sering juga di kaitkan dengan gagal jantung dan stroke yang bisa berakhir pada kematian.

RajaBackLink.com

Baca Juga Selengkapnya :

Pengurusan Izin Usaha yang Wajib Diketahui Pebisnis
5 Tips Usaha Jual Telur Keliling yang Harus Diketahui
Mengenal Potensi Kerugian Usaha Jamur Tiram yang Sering Terjadi
Ide yang Bisa Jadi Peluang Usaha Aneka Keripik Ini Mudah Dicoba
Ingin Menjalankan Bisnis Rongsok? Kenali Resiko Usaha Rongsokan
Ini Cara Urus Izin Usaha Sabun Cair yang Harus Dilakukan

Tips Untuk Menghilangkan Stres

Stres bukan sekedar masalah emosi psikologis tapi juga terkait respon biologis. Di bawah ini adalah tips untuk menghilangkan stres beberapa hal yang bisa membuat kita terhindar dari stres jangka panjang.

1. Cara pandang terhadap stres

Sebuah penelitian menunjukkan orang yang mengalami banyak stres dan percaya bahwa stres berdampak buruk bagi kesehatannya, justru punya risiko kematian 43% lebih tinggi. Di sisi lain, orang yang mengalami banyak stres tapi tidak memandang stres sebagai sesuatu yang buruk, malah punya risiko kematian yang rendah, bahkan lebih rendah dari orang yang mengalami sedikit stres.

2. Persiapan dan rencana matang

Seorang psikolog bernama Gary Klein mengusulkan prospective hindsight. Kita sebaiknya membiasakan merencanakan sesuatu di saat keadaan normal. Sebelum melakukan aktivitas, atau apapun siapkan strategi A dan B bahkan antisipasi untuk skenario terburuk yang mungkin terjadi. Ini akan membantu kita merasa lebih tenang.

3. Tips Untuk Menghilangkan Stres Cari Dukungan

Hormon oksitosin biasanya di keluarkan tubuh ketika kita memeluk, berinteraksi, atau sedang bonding dengan orang yang kita sayangi. Ketika kita stres, tubuh kan merespon dengan mengeluarkan kortisol hormon oksitosin. Artinya, secara biologis, tubuh meminta kita untuk share masalah kita ke orang terdekat mungkin pasangan, keluarga atau sahabat. Kita juga bisa curhat kepada Tuhan dalam doa.

4. Tips Untuk Menghilangkan Stres Beraktivitas

Beberapa hal di bawah ini juga bisa di lakukan agar stres mereda: Beribadah, berolahraga, meditasi, mendengarkan musik, puasa gadget dan berbagai pemberitaan, menulis, berada di alam secara langsung, menonton lelucon atau komedi, berdonasi, istirahat, dan banyak lagi.

Oh ya biaya hidup yang meningkat, pengelolaan uang yang gak jelas bisa menimbulkan kehawatiran untuk masa depan yang juga bisa memicu stres jangka panjang. Mungkin Anda pernah dengar pendapat bahwa berapapun incoime kita kalau di kelola dengan kacau maka akan habis juga begitupun sebaliknya.

Jadi kuncinya tips untuk menghilangkan stres adalah pada pengelolaan uangnya. Anda harus punya pengetahuan bagaimana cara mengelola uang yang benar.

Bagikan Sekarang!

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content Is Protected !!