Email Marketing : Pengertian, Manfaat dan Keuntungan Dalam Bisnis
Di zaman yang serba teknologi ini, kebanyakan orang memiliki email untuk berbagai kebutuhannya. Dalam dunia marketing sendiri, mailing list digunakan secara efisien agar calon klien bisa membaca iklan Anda. Tidak hanya itu, penggunaan email marketing juga dianggap lebih efisien karena lebih mudah menjangkau klien potensial di wilayah geografis yang berbeda.
Kami hanya mengirimkan iklan dari mulut ke mulut kepada orang-orang yang berlangganan milis kami. Ini dapat digunakan tidak hanya untuk iklan, tetapi juga untuk panduan bisnis. Untuk informasi lebih lanjut, ikuti petunjuk lengkap di bawah ini.
Interpretasi ahli tentang pemasaran email
Apa itu pemasaran email? Email marketing merupakan metode penjualan yang dapat dicoba oleh para pelaku bisnis online yang saat ini menggunakan email tools untuk kegiatan usahanya.
Email ini dikirimkan keesokan harinya kepada calon pelanggan yang tidak memiliki kesempatan untuk membeli produk dan kepada pelanggan yang membeli produk industri. E-mail dapat digunakan tidak hanya untuk mengirim email untuk menawarkan produk kepada pelanggan, tetapi juga sebagai alat komunikasi dengan pelanggan.
Email ini memudahkan pengusaha untuk terhubung dengan klien dan prospek secara teratur. Selain dapat menawarkan produk, email juga dapat menciptakan hubungan yang erat dan langgeng antara pelaku bisnis dan pelanggan. ingin lebih mengoptimalkan keuntungan yang ada.
Jenis pengiriman email
Jenis Distribusi Email Ada beberapa jenis email yang diusahakan oleh para pengusaha online, terdiri dari email langsung, email retensi, dan menjalankan promosi di daftar email orang lain.
Setiap jenis email memiliki kelebihannya masing-masing dan misi utamanya adalah menjual produk Anda kepada pelanggan atau calon pelanggan Anda. Dengan menggunakan metode ini, bisnis dapat dengan mudah dan cepat menjangkau pelanggan di berbagai daerah.
Surat langsung
Surat langsung adalah memo yang dikirim melalui milis klien yang berisi janji atau catatan iklan tentang sesuatu produk. Jenis surat langsung ini muncul dalam teks biasa atau format HTML dan berisi catatan langsung.
Multimedia yang menarik untuk ditonton. Namun, industri hanya perlu mengirimkan catatan dalam jangka waktu tertentu untuk memastikan bahwa pesan yang dikirim tidak dianggap sebagai spam. Tidak hanya itu, tetapi jangan menjual terlalu lunak dan jangan mengiklankan penjualan terlalu keras.
Mengirim catatan iklan secara terus-menerus pasti akan melumpuhkan klien atau prospek Anda. Ubah catatan yang Anda baca. Sebaliknya, email tersebut diabaikan atau dianggap sebagai spam. Pendekatan yang salah ini akan berdampak negatif pada perusahaan Anda. Hal terburuk yang dapat terjadi adalah industri email yang dimaksud dihapus dari daftar putih atau catatan berhenti berlangganan.
Retensi email
Email retensi adalah email yang dikirim oleh perusahaan Anda ke klien lama agar mereka tetap terhubung dengan bisnis yang mereka lakukan sekarang.
Isi memo ini bertujuan untuk menjaga hubungan baik antara pengusaha dengan pelanggannya. Ini dapat digunakan sebagai salah satu dari banyak cara untuk menawarkan produk Anda kepada klien Anda. Pendekatan khusus ini memudahkan pengusaha untuk menjual produk dan layanan terbaru mereka.
Untuk pengusaha yang ingin menjaga hubungan baik saat menjual produk secara online, pengusaha harus mengirim email secara metodis sehingga klien mereka mengetahui produk dan layanan di industri mereka. Isi email ini tidak selalu harus menyertakan catatan iklan, namun Anda bisa menyisipkan panduan dan taburan sajian data penting yang perlu diketahui klien Anda.
Promosi milis
Salah satu bentuk marketing yang efektif untuk jualan online adalah beriklan di email orang lain.
Untuk pengusaha dengan sedikit milis atau pelanggan, Anda tentu saja dapat membayar untuk menggunakan metode ini, jadi Anda ingin mengirim email ke milis dengan iklan untuk bisnis Anda. Dengan cara ini, Anda bisa meraup keuntungan hingga puluhan juta dalam sehari.
Baca juga: 10 Bisnis Online untuk Pemula yang Bisa Wajib Dicoba
Cara menggunakan pemasaran email
Cara menjangkau konsumen yang berbeda dengan pemasaran email. Industri yang menggunakan pemasaran email akan dapat menjangkau pelanggan yang lebih luas di area yang belum ada pesaingnya.
Ini karena ada jaringan internet yang bisa dijelajahi siapa saja. Apalagi di saat-saat seperti ini, baik orang dewasa maupun anak-anak lancar menggunakan layanan online ini, sehingga tidak ada keraguan untuk ingin bertemu dengan berbagai kalangan.
Temukan pelanggan dari berbagai daerah
Tidak hanya itu, jaringan internet memungkinkan industri dengan mudah menjangkau pelanggan di berbagai daerah. Lewatlah sudah hari-hari ketika alat tidak terampil membatasi pengiriman data yang cepat.
Melalui Internet, industri sekarang dapat menjangkau pelanggan yang mungkin tidak pernah terpikirkan sebelumnya. Selain itu, e-marketing memudahkan untuk berbagi data terkait produk yang diiklankan.
Mudah menemukan target pemasaran
Target yang ditetapkan oleh industri adalah beberapa kelompok pelanggan dan terus diperdebatkan. Hal ini karena orang yang menggunakan layanan Internet berasal dari kelompok, usia, dan jenis kelamin yang berbeda.
Menetapkan tujuan sangat masuk akal bagi industri. Dengan mengidentifikasi target Anda secara khusus, Anda dapat menyampaikan informasi yang tepat untuk produk Anda.
Setelah mengetahui target, industri harus bisa mengkomunikasikannya dengan cara yang menarik tergantung target yang diinginkan. Misalnya, jika suatu industri menghasilkan produk yang menyimpang dari kaum muda, maka industri tersebut perlu mengkomunikasikannya dengan bahasa campuran atau modern agar dapat dengan mudah menarik perhatian kaum milenial. Oleh karena itu, industri perlu lebih spesifik mengenai penyimpangan dari target yang diinginkan.
Baca juga: 8 Tips Konsisten Dan Komitmen Dalam Bisnis Serta Persistennya
Mendapatkan banyak keuntungan
Menggunakan email dalam bisnis Anda menawarkan banyak manfaat. Hal ini dapat dilihat dari waktu, tenaga, dan uang yang dikeluarkan untuk menjual produk.
E-mail mudah diakses menggunakan teknologi yang ada seperti laptop dan smartphone yang terhubung internet. E-bisnis yang terjangkau ini sangat populer di industri ini.
Dengan email, Anda dapat dengan cepat bereksperimen dengan mendapatkan data dari pelanggan ke produsen. Selain itu, industri tidak perlu mencari tempat untuk menyimpan data dan sertifikat pelanggan. Ini karena kami hanya menyimpannya dalam teknologi komunikasi yang digunakan industri.
Juga, jika Anda sangat membutuhkannya, Anda dapat dengan mudah menemukan file tersebut dan kemudian mengirimkannya dengan cepat dalam hitungan detik.
Modal kecil
Industri juga tidak perlu meningkatkan anggarannya untuk memuaskan pelanggannya. Ini dapat dilakukan melalui pemasaran email di mana pelanggan dan bisnis dapat melakukan kegiatan pemasaran.
Namun, industri hanya merespons melalui alat untuk memfasilitasi proses bisnis. Dengan adanya internet, pelanggan tidak perlu menunggu lama untuk mendapatkan produk yang diinginkan.
Jika teknik pemasaran Anda menggunakan teknik lama, diperlukan lebih banyak upaya untuk menerapkannya. Misalnya, pelanggan mengunjungi toko offline industri, membeli beberapa produk yang diiklankan, lalu pulang. Ketika saya sampai di rumah, saya merasa ada barang yang tidak saya ingat pernah saya beli dan saya harus kembali ke toko. Untungnya, kami dapat meminimalkannya kali ini.
Selama bisnis berjalan, industri dapat memantau atau melacak semua aktivitas yang ada dari tahap hingga hasil yang diperoleh. Segala bentuk pemasaran meninggalkan jejak digital yang selalu bisa dijadikan bukti jika terjadi kesalahan.
Tidak hanya itu, email memungkinkan Anda berbagi fakta tentang keberadaan bisnis Anda dan hasil yang Anda berdua dapatkan.
Baca juga: Memahami Trading Saham Halal atau Haram dari Sudut Pandang Seorang Pebisnis
Alibi dengan pemasaran email
Alibi menggunakan email marketing tidak membutuhkan modal yang banyak
E-marketing memungkinkan bisnis menjangkau konsumen dengan mudah tanpa berinvestasi dalam teknologi atau aplikasi. Ini karena perusahaan tidak perlu melakukan pembayaran tambahan untuk mengakses email mereka.
Tidak seperti catatan yang disertakan dalam SMS atau surat edaran, email dianggap memiliki cukup ruang untuk mendeskripsikan konten.
Lebih efektif
Email tidak hanya menghabiskan lebih sedikit uang, tetapi juga mengirimkan data dengan lebih efisien, tetapi juga menawarkan kenyamanan untuk menjaga hubungan dekat antara pengusaha dan klien mereka.
Faktanya, pelanggan sering mencari email kampanye pemasaran untuk produk favorit mereka. Tidak hanya itu, pelanggan kami juga diberikan voucher khusus sebagai layanan istimewa. Selain itu, Anda dapat menggunakan email ini untuk mengirim konten ke klien Anda.
Target pasar yang jelas
Kebanyakan orang berlangganan email tentang merek produk yang mereka sukai. Karena jika Anda juga berlangganan e-marketing ini, Anda akan mendapatkan keuntungan khusus.
Umumnya, industri ini menawarkan poin harga yang berbeda melalui voucher yang dikirim ke email pelanggan. Manfaat tersebut tentunya sangat dicari oleh pelanggan. Tidak hanya mudah dicoba, Anda juga bisa untung hanya dengan sekali klik.
Baca juga: Mengapa Jasa Pembuatan Website adalah Investasi Penting untuk Bisnis UMKM
Melakukan penjualan menggunakan email marketing,
Nilai besar bagi pengusaha. Masalah ini juga berkaitan dengan kekuatan tim bisnis dalam memasak bagaimana email populer di kalangan massa.
Bukan berarti e-marketing sulit untuk dicoba. Keuntungan yang ditawarkan sebagai imbalannya memberikan kebebasan kepada pengusaha untuk mengatur produknya sesuai keinginan dan mempromosikannya melalui email.
Dapat diakses oleh semua orang
Email ini dapat dilihat sebagai metode yang sangat terjangkau karena memberi Anda akses ke email Anda secara gratis. Bagi rata-rata pemilik usaha kecil, ini bisa dilihat sebagai cara cerdas untuk memilih menjual melalui cara lain, seperti televisi, radio, dan surat kabar, yang bisa jadi cukup mahal.
Tidak hanya gratis, tetapi industri yang menggunakan email dapat berbicara langsung dengan pelanggannya, sehingga komunikasi menjadi konsisten dan berkelanjutan.
Baca juga: Mengembangkan Bisnis Anda dengan Jasa Pembuatan Website Terbaik di Bandung
Cara memulai pemasaran email untuk pemula
Sejak 2016, Indonesia memiliki lebih dari 130 juta pengguna email yang tersebar di berbagai wilayah. Ini memungkinkan Anda untuk menggunakan email Anda sebagai area penjualan.
Namun ternyata, banyak pengusaha yang tidak mengetahui cara memulai email marketing.
Langkah selanjutnya adalah memastikan upaya pemasaran email Anda berhasil.
Buat atau berlangganan layanan pemasaran email
Hal pertama yang harus dilakukan untuk memulai mengirim email untuk kegiatan bisnis ini adalah memilih alat pemasaran email khusus dan mulai berlangganan. Dengan cara ini Anda tidak perlu mengirim catatan satu per satu, cukup kirim catatan ke beberapa daftar yang dapat Anda coba sekaligus.
Tidak hanya itu, email tersebut sepertinya dilengkapi dengan fitur lain seperti template, manajemen kontak, dan pelacakan email.
Bangun milis
Terlepas dari apa yang penting dalam memilih alat manajemen, Anda juga perlu mengumpulkan beberapa kontak yang ingin Anda kirimi email. Anda dapat mencoba banyak cara untuk mengumpulkan kontak, tetapi Anda tidak dapat benar-benar mencobanya.
Salah satu cara cepat dan mudah untuk mendapatkan daftar kontak yang Anda perlukan adalah dengan membeli catatan email. Padahal, cara ini tidak direkomendasikan sebagai opsi wajib.
Saat membeli catatan kontak email, Anda harus mengetahui beberapa risiko yang mungkin timbul. Salah satunya adalah penerima email merasa kewalahan dan akibatnya email tersebut dianggap spam.
Jadi, lebih baik mengirim email yang tidak terlalu banyak daripada mengirim email ke berbagai orang yang tidak mengetahui industri tempat Anda berada.
Baca juga: Ekspansi Bisnis Global Anda dengan Kelas Ekspor Yuk: Investasi Terbaik untuk Masa Depan
Konsep templat email yang menarik
Anda juga harus mendesain email marketing Anda semenarik mungkin, termasuk menggunakan template yang disediakan.
Salah satu keuntungan menggunakan Target Mail adalah semua draf yang dibuat disembunyikan di pengelola template sehingga dapat digandakan kapan saja. Memiliki konsep yang menarik akan menarik calon klien untuk berkunjung hingga tertarik dengan produk yang ditawarkan.
Misi penting dari catatan email adalah membantu pelanggan menguasai informasi yang mereka butuhkan. Menulis konten persuasif bukanlah hal yang dilakukan sekali jadi, jadi Anda harus mengikuti metode panduan untuk membuat konten email Anda lebih persuasif.
Email dibagi menjadi tiga bagian penting. Yaitu, judul dengan apa yang ditawarkan, konten email dengan instruksi, dan ajakan bertindak dengan langkah-langkah yang perlu Anda ambil selanjutnya.
Kirim email percobaan
Jika Anda sudah siap mengirim email, Anda harus menguji email terlebih dahulu sebelum dikirim.
Ini untuk memastikan bahwa email yang dikirim bebas dari kesalahan dan cacat. Misalnya, apakah email tersebut dianggap spam. Di luar langkah itu, Anda dapat melanjutkan ke tahap berikutnya.
Kirim email ke prospek
Saat mengirim email, pastikan Anda mengetahui waktu yang tepat untuk mengirimkan catatan tersebut. Sebaiknya lakukan riset terlebih dahulu untuk menentukan waktu terbaik untuk mengirim email Anda.
Setelah memastikan bahwa ada durasi yang sesuai, catatan tersebut harus diserahkan dengan cara yang tidak berubah. Hal ini dimaksudkan untuk menarik perhatian calon pelanggan.
Saran untuk alat pemasaran email yang dapat Anda gunakan
Menyarankan Alat Pemasaran Email yang Dapat Anda Gunakan Langkah pertama yang harus Anda coba adalah memilih alat yang tepat. Ini untuk meningkatkan efisiensi saat mengirim catatan. Saya tidak dapat membayangkan berapa banyak waktu dan energi yang diperlukan untuk mengirimkan memo ini melalui manual ke banyak email.
Oleh karena itu, Anda perlu memilih alat yang tepat agar bisnis Anda dapat berjalan dengan optimal. Ada beberapa alat yang dapat Anda gunakan sebagai saran. Inilah penjelasannya.
Ket surat
Mailketing adalah layanan email marketing dan SMTP autoresponder yang baru diluncurkan di Indonesia. Terjangkau mulai dari Rp 200.000 tanpa biaya berlangganan.
Hubspot
Hubspot adalah alat lengkap yang dapat menawarkan berbagai manfaat kepada pelanggan Anda. Dimulai dengan meningkatkan tingkat konversi, alat sosial, SEO, otomatisasi, web, analitik penjualan.
Anda harus membayar sedikit biaya untuk menggunakan alat ini. Namun, Anda mendapatkan layanan berkualitas yang sepadan dengan harga yang Anda bayar.
Simpanse surat
Mailchimp adalah salah satu alat pemasaran email terbaik untuk pemula. Yang terpenting, tools ini sangat populer di kalangan pebisnis online. Menggunakan alat ini akan memberi Anda banyak manfaat.
Misalnya, jika Anda memiliki 2000 klien, alat tersebut tersedia secara gratis. Jika Anda ingin hasil yang maksimal, Anda harus membayar lebih.
Kontak konstan
Kontak Konstan adalah alat berikutnya dengan fitur untuk mengelola klien. Hal menarik lainnya yang bisa Anda dapatkan adalah tools ini memiliki template yang berbeda-beda dan dilengkapi dengan tools editing.
Untuk menggunakannya, Anda bisa langsung membuka website resminya dan membeli tools untuk mengoptimalkan manajemen penjualan Anda.
ConvertKit
ConvertKit adalah alat yang memiliki kemampuan tindakan dan dapat digunakan untuk membuat formulir. Hal ini bisa dicocokkan dengan plugin WordPress yang sudah ada. Tidak hanya itu, ia juga menyediakan fitur lain seperti kemampuan untuk bekerja sama secara otomatis untuk menanggapi tindakan klien dan berbagi sistem.
Keunggulan ini membuat cepat dan mudahnya memberikan asumsi saat pelanggan ingin bertanya.
Saya mengirim email
mengirim. Email adalah alat pemasaran email lokal di Indonesia. Fitur-fiturnya jauh di belakang alat lain, dari template email, integrasi email, fitur pembuat email, pembuat halaman arahan hingga pengiriman email tanpa batas.
Tidak hanya itu, biayanya juga sangat ekonomis untuk usaha kecil dan menengah di Indonesia, sehingga semua orang bisa berlangganan layanan pesan antar. surel. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan panduan tentang bisnis online Anda dari tim yang mengirimi Anda email melalui email.
Baca juga: Martua Sitorus : Perjalanan Menuju Kejayaan dalam Dunia Perusahaan Agribisnis
Pemasaran email bukanlah metode baru yang digunakan sebagai alat untuk beriklan dan melakukan upaya penjualan. Ini karena email telah mengambil tempatnya sebagai pembawa catatan yang berisi iklan kepada calon pelanggan.
Namun demikian, cara ini terbukti efektif sebagai alat periklanan yang efektif dan efisien. Dengan penggunaan email, diharapkan bisnis Anda akan terus berkembang.
Semoga artikel ini memberi Anda gambaran tentang apa itu pemasaran email dan membantu Anda mempertahankan bisnis online Anda dalam pakaian ?