3 Cara Mudah Riset Hashtag Untuk Memaksimalkan Instagram Analytics
3 Cara Memaksimalkan Instagram Analytics
Hashtag atau tagar merupakan salah satu metrik dalam Instagram Analytics yang dapat Anda optimalkan penggunaannya. Meski demikian, Anda harus melakukan riset terlebih dulu agar hashtag tersebut memberikan hasil optimal dengan cara-cara berikut:
Fitur Pencarian Instagram
Langkah termudah yang dapat dilakukan dalam riset hashtag adalah menelusurinya melalui fitur pencarian Instagram. Masukkan kata kunci atau keyword, lalu tunggu hasil pencarian muncul. Anda akan mendapati hashtag yang diurutkan berdasarkan popularitas dan penggunaan terbaru. Tinggal klik saja daftar mana yang Anda butuhkan.
Post Terpopuler
Jika pencarian melalui keyword belum memberikan hasil yang diharapkan, Anda dapat mengganti metodenya berdasarkan post terpopuler. Menemukannya pun cukup mudah, yakni dengan mengeklik menu Top Post yang akan memprioritaskan post dengan hashtag populer kepada target audience. Dari sini, Anda dapat mengecek hashtag apa saja yang bisa dipakai.
Memakai Hashtag Dari Influencer
Influencer biasanya menggunakan hashtag tertentu untuk mempopulerkan sebuah challenge atau mempromosikan produk endorsement. Anda dapat memanfaatkan hashtag tersebut pada konten yang akan diunggah. Namun, pastikan juga konten tersebut relevan dengan hashtag. Tujuannya adalah menjaring audiensi yang membutuhkan produk bersangkutan.
Satu lagi metode yang dapat dilakukan untuk meriset hashtag adalah mengandalkan layanan Matamaya. Jasa mereka akan membantu Anda mendalami hashtag yang memberikan dampak positif pada Instagram Analytics.
Mengapa Hastagh Itu Penting
Hashtag adalah penting dalam Instagram karena membantu konten Anda ditemukan oleh orang-orang yang mencari topik atau minat yang sama dengan yang Anda posting. Dengan menambahkan hashtag yang relevan dengan postingan Anda, Anda meningkatkan visibilitas dan eksposur konten Anda kepada orang-orang yang mungkin tidak mengikuti akun Anda, tetapi tertarik pada topik atau minat yang Anda posting.
Misalnya, jika Anda posting tentang makanan, menambahkan hashtag seperti #makanan #kuliner #resep dapat membantu menarik perhatian orang yang mencari ide-ide makanan baru. Selain itu, hashtag juga dapat membantu memperluas jangkauan dan meningkatkan keterlibatan dalam kampanye, acara, atau promosi yang Anda jalankan di Instagram Analytics.
Selain itu, dengan mengikuti hashtag tertentu, Anda dapat mengikuti percakapan dan trend terkini seputar topik atau minat yang Anda pilih. Hal ini dapat membantu Anda menjaga keterlibatan dengan komunitas Instagram yang relevan dengan konten Anda dan meningkatkan pengetahuan Anda tentang topik atau minat tertentu.