3 Cara Mudah Riset Hashtag Untuk Memaksimalkan Instagram Analytics

Berikan Rating!

3 Cara Memaksimalkan Instagram Analytics

Hashtag atau tagar merupakan salah satu metrik dalam Instagram Analytics yang dapat Anda optimalkan penggunaannya. Meski demikian, Anda harus melakukan riset terlebih dulu agar hashtag tersebut memberikan hasil optimal dengan cara-cara berikut:

Fitur Pencarian Instagram

Langkah termudah yang dapat dilakukan dalam riset hashtag adalah menelusurinya melalui fitur pencarian Instagram. Masukkan kata kunci atau keyword, lalu tunggu hasil pencarian muncul. Anda akan mendapati hashtag yang diurutkan berdasarkan popularitas dan penggunaan terbaru. Tinggal klik saja daftar mana yang Anda butuhkan.

Post Terpopuler

Jika pencarian melalui keyword belum memberikan hasil yang diharapkan, Anda dapat mengganti metodenya berdasarkan post terpopuler. Menemukannya pun cukup mudah, yakni dengan mengeklik menu Top Post yang akan memprioritaskan post dengan hashtag populer kepada target audience. Dari sini, Anda dapat mengecek hashtag apa saja yang bisa dipakai.

Baca juga: 4 Cara Download Semua Gambar di Akun dan Hashtag Instagram

Memakai Hashtag Dari Influencer

Influencer biasanya menggunakan hashtag tertentu untuk mempopulerkan sebuah challenge atau mempromosikan produk endorsement. Anda dapat memanfaatkan hashtag tersebut pada konten yang akan diunggah. Namun, pastikan juga konten tersebut relevan dengan hashtag. Tujuannya adalah menjaring audiensi yang membutuhkan produk bersangkutan.

Satu lagi metode yang dapat dilakukan untuk meriset hashtag adalah mengandalkan layanan Matamaya. Jasa mereka akan membantu Anda mendalami hashtag yang memberikan dampak positif pada Instagram Analytics.

Instagram Analytics
Instagram Analytics

Mengapa Hastagh Itu Penting

Hashtag adalah penting dalam Instagram karena membantu konten Anda ditemukan oleh orang-orang yang mencari topik atau minat yang sama dengan yang Anda posting. Dengan menambahkan hashtag yang relevan dengan postingan Anda, Anda meningkatkan visibilitas dan eksposur konten Anda kepada orang-orang yang mungkin tidak mengikuti akun Anda, tetapi tertarik pada topik atau minat yang Anda posting.

Misalnya, jika Anda posting tentang makanan, menambahkan hashtag seperti #makanan #kuliner #resep dapat membantu menarik perhatian orang yang mencari ide-ide makanan baru. Selain itu, hashtag juga dapat membantu memperluas jangkauan dan meningkatkan keterlibatan dalam kampanye, acara, atau promosi yang Anda jalankan di Instagram Analytics.

Baca juga: 7 Cara Optimasi Instagram dan Kursus Optimasi Akun Instagram Wajib

Selain itu, dengan mengikuti hashtag tertentu, Anda dapat mengikuti percakapan dan trend terkini seputar topik atau minat yang Anda pilih. Hal ini dapat membantu Anda menjaga keterlibatan dengan komunitas Instagram yang relevan dengan konten Anda dan meningkatkan pengetahuan Anda tentang topik atau minat tertentu.

Content Writer & SEO Management

Nama asli saya Supriyadi dan populer Supriyadi Pro. Saya seorang Expert wordpress developer freelancer, content writer, editor & SEO Management. Memiliki minat besar pada dunia teknologi, sains, seni budaya, social media, dan blogging. Saya kelahiran suku Jawa, di Wonogiri, Jawa Tengah yang ahli bahasa Jawa dan seni gamelan. Silahkan hubungi saya lewat laman yang telah disediakan atau kunjungi website profil saya di https://supriyadipro.com

You might also like