4 Gambaran Rincian Modal Usaha Percetakan dan Tips Memulainya
Berikan Rating!

Bidang usaha percetakan saat ini masih menjadi salah satu pilihan bisnis yang layak di jalankan. Pilihan usaha ini cukup menjanjikan dan masih banyak di butuhkan di masyarakat. Kali ini akan di bahas lebih lengkap mengenai gambaran rincian modal usaha percetakan serta tips untuk memulainya.

Gambaran Rincian Modal Usaha Percetakan

Langkah pertama yang memang harus di lakukan saat akan memulai usaha adalah mempersiapkan modal. Begitu juga dengan usaha percetakan ini, tentu harus di sediakan modal yang memadai. Hanya saja hitung-hitungan modal ini bisa bersifat sangat fleksibel dan berbeda-beda untuk setiap orang.

Namun tak ada salahnya untuk mencari referensi kebutuhan modal usaha percetakan yang harus di persiapkan. Berikut adalah gambaran rincian modal serta biaya yang di perlukan agar bisa memulai bisnis percetakan:

  • Mesin cetak Rp10.000.000,00 (diasumsikan dana ini bisa mendapatkan 2-3 mesin cetak)
  • PC atau perangkat komputer Rp8.000.000,00
  • Mesin laminating dan bahan laminasi Rp2.000.000,00
  • Mesin pemotong kertas Rp5.000.000,00
  • Tinta Rp1.500.000,00
  • Berbagai tipe kertas Rp5.000.000,00 (jenis kertas yang dibeli bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan target pasar)
  • CD kebutuhan aplikasi maupun software seperti Photoshop, Adobe, dan lain sebagainya Rp500.000,00
  • CD instalasi untuk program desain beragam jenis Rp500.000,00
  • Etalase Rp5.000.000,00

Dari gambaran rincian modal usaha percetakan ini, bisa di simpulkan bahwa total kebutuhan modal berkisar di angka Rp37.000.000,00 hingga Rp45.000.000,00. Dana ini perlu di persiapkan dan ada yang sebaiknya di alokasikan sebagai dana modal cadangan untuk kebutuhan usaha yang sebelumnya tidak di perkirakan. Jika nanti ada sisa modal maka bisa di alokasikan untuk kebutuhan lainnya.

Baca Juga :   Pahami Cara Usaha Ternak Lele Pemula agar Selalu Untung

Perlu di ketahui bahwa rincian modal usaha percetakan yang di bahas di sini belum mencakup semua kebutuhan usaha percetakan. Bagaimana jika belum ada lokasi kantor percetakannya? Maka  biaya modal yang harus di persiapkan bisa jadi lebih besar lagi. Entah untuk menyewa atau membeli ruko sebagai lokasi kantor.

Belum lagi ada aspek-aspek lain yang mungkin harus di persiapkan. Besarnya modal juga akan sangat di pengaruhi oleh skala bisnis yang ingin di jalankan. Jadi, penting sekali untuk membuat perencanaan yang matang sehingga rincian modal bisa di susun sedetail mungkin.

Jika modal usaha percetakan sudah di persiapkan, lalu bagaimana langkah selanjutnya untuk memulai usaha ini? Memulai sebuah usaha memang tidak selamanya berjalan mudah. Di butuhkan trik dan langkah efektif untuk menaklukkan berbagai tantangan usaha. Berikut adalah beberapa tips yang bisa di lakukan dalam memulai usaha percetakan:

RajaBackLink.com

1. Cari Informasi

Di tahap memulai usaha, penting sekali untuk membekali dengan ilmu yang memadai. Carilah informasi yang banyak dan lengkap tentang usaha percetakan. Pahami apa saja alat yang di butuhkan, bagaimana metode kerjanya, seperti apa SOP yang bisa di berlakukan, dan lain sebagainya. Ini akan sangat membantu untuk menjalankan usaha percetakan yang di percaya masyarakat.

Baca Juga Selengkapnya :
Semua Tentang Digital Marketing
Jasa Website : Untungnya Menggunakan Jasa Website Profesional
7 Template Power Point Paling Keren Terbaru

2. Susun Strategi Bisnis

Buatlah rencana strategi bisnis yang efektif dan menguntungkan. Tentukan dulu siapa saja target pasar yang di inginkan. Rencanakan bagaimana alur pelayanan yang akan di berikan kepada klien. Susun juga strategi pengelolaan keuangan setelah bisnis berjalan nanti.

3. Promosikan Bisnis

Jangan lupa promosikan bisnis jika sudah bisa di mulai. Manfaatkan media sosial untuk menyebarkan informasi mengenai bisnis percetakan yang di jalankan. Tunjukkan apa saja pelayanan percetakan yang bisa di akses pelanggan. Buat promosi menarik sehingga semakin banyak calon pelanggan yang datang.

Baca Juga :   Ini Dia 5 Cara Mendapatkan Peluang Usaha Menjadi Distributor Tunggal

4. Tunjukkan Kualitas Terbaik

Prinsip mengutamakan kualitas harus selalu di pegang oleh pelaku bisnis. Utamakan kualitas pelayanan serta produk yang di hasilkan. Cari tahu tipe mesin yang bisa memberikan hasil cetak terbaik. Gunakan bahan baku yang bisa memberi kualitas bagus agar klien merasa puas.

Itulah pembahasan singkat mengenai gambaran modal usaha percetakan dan tips untuk memulainya. Pikirkan baik-baik sebelum memulai bisnis ini agar bisa berjalan dengan lancar sesuai harapan. Perencanaan yang matang akan mempermudah langkah pengembangan bisnis sehingga bisa mendatangkan profit yang memuaskan.

Bagikan Sekarang!

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content Is Protected !!