Panduan 3 Cara Mendirikan Koperasi Serba Usaha untuk Masyarakat
Berikan Rating!

Koperasi menjadi lembaga berlandaskan hukum yang terpercaya di Indonesia. Lembaga ini terbentuk atas perorangan maupun badan hukum yang bergerak atas prinsip kekeluargaan. Keberadaan koperasi serba usaha di tengah masyarakat pun sangat membantu pergerakan ekonomi. Kali ini akan dibahas panduan cara mendirikan koperasi serba usaha yang bisa membantu masyarakat.

Fungsi Koperasi Serba Usaha

Sebelum membahas prosedur cara mendirikan koperasi serba usaha, mari pahami dulu fungsi dari jenis koperasi yang satu ini. Koperasi serba usaha memiliki beberapa fungsi di masyarakat, yaitu:

1. Layanan Kredit

Koperasi ini berfungsi menyediakan layanan perkreditan bagi masyarakat. Dana kredit ini nantinya akan berputar pada berjalannya roda usaha rakyat. Keunggulan layanan kredit di koperasi ini adalah nilai bunga yang ringan serta dilandaskan pada prinsip kekeluargaan.

2. Penyaluran Sarana Produksi

Selain menjadi layanan perkreditan, koperasi juga menjadi lembaga yang menyalurkan sarana produksi. Berbagai jenis kebutuhan produksi dan keperluan sehari-hari suatu badan usaha akan di salurkan oleh koperasi. Inilah mengapa koperasi punya peran sangat penting bagi roda perekonomian rakyat.

3. Pengelolaan Hasil Usaha

Fungsi koperasi serba usaha berikutnya adalah mengelola hasil usaha rakyat. Produk atau hasil usaha akan di kelola dan di pasarkan oleh koperasi. Tentunya ini juga akan mempermudah pada pelaku usaha dalam memasarkan hasil produksi yang telah di miliki.

Berdasarkan ketiga fungsi ini, koperasi badan usaha jelas memiliki peran penting. Tujuan utama koperasi ini memang meningkatkan kesejahteraan rakyat lewat penyediaan fasilitas usaha yang lengkap. Kemudahan yang ditawarkan koperasi menjadi jalan bagi masyarakat untuk terus menjaga stabilitas roda perekonomian.

Baca Juga :   5 Tips Usaha Jual Telur Keliling yang Harus Diketahui

Cara Mendirikan Koperasi Serba Usaha

Setelah memahami pentingnya peran koperasi, mari cari tahu bagaimana cara mendirikan koperasi serba usaha ini. Prosedurnya memang tergolong rumit karena ada beberapa tahap yang harus dijalani. Berikut adalah panduan cara mendirikan koperasi serba usaha:

RajaBackLink.com

1. Rapat Pendirian

Tahap pertama adalah rapat cara mendirikan koperasi serba usaha. Rapat ini akan di hadiri oleh pendiri koperasi dan pejabat Kementerian Koperasi, UKM dinas provinsi, serta dinas kabupaten. Pihak pejabat ini nantinya akan memberi penyuluhan terkait koperasi yang akan di bentuk agar bisa berjalan sesuai prosedur.

Dalam rapat pendirian ini akan di bahas banyak hal, mulai dari daftar nama pendiri koperasi beserta kedudukannya. Selain itu, di bicarakan juga pengelolaan koperasi, permodalan, jangka waktu berdiri, juga pembagian hasil usaha. Di bahas pula sanksi yang akan di berlakukan kepada anggota koperasi jika melanggar peraturan.

2. Dibuat Akta Pendirian

Jika rapat sudah di gelar, maka berikutnya akan di susun akta pendirian koperasi. Akta pendirian ini akan di buat oleh Notaris Pembuat Akta Koperasi. Dengan di buatnya akta pendirian maka koperasi serba usaha sudah di nyatakan resmi berdiri dan memiliki landasan hukum yang kuat.

Baca Juga Selengkapnya :
Semua Tentang Digital Marketing
Jasa Website : Untungnya Menggunakan Jasa Website Profesional
7 Template Power Point Paling Keren Terbaru

3. Pengajuan Akta ke Menteri

Jika akta nanti sudah di buat, maka para pendiri koperasi akan mengajukan akta pendirian ini kepada menteri. Pengajuan ini terhitung dalam jangka waktu 30 hari setelah koperasi mendapatkan persetujuan nama dari SISMINBHKOP. Jika pengajuan tidak di lakukan setelah jangka waktu ini usai, maka nama yang di berikan SISMINBHKOP tidak akan berlaku lagi.

Baca Juga :   Metode Cara Mencairkan Komisi Shopee Affiliate ke Shopeepay

Pengajuan akta juga harus di sertai dengan identitas lengkap pendiri koperasi. Selain itu, di butuhkan pula lampiran berita acara rapat pendirian koperasi. Setelah di ajukan dan mendapat persetujuan, maka koperasi bisa berjalan sesuai dengan fungsi serta tugasnya.

Itulah pembahasan singkat mengenai cara mendirikan koperasi serba usaha. Koperasi ini akan menjadi lembaga yang memberikan banyak jasa dan layanan bermanfaat bagi masyarakat. Keberadaan koperasi di harapkan bisa meningkatkan kesejahteraan dan mempermudah kebutuhan finansial orang banyak.

Bagikan Sekarang!

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content Is Protected !!