Yuk Pahami Pengertian Sistem Franchise dan 3 Keuntungannya
Dalam menjalankan sebuah bisnis, banyak skema atau cara yang dapat dilakukan oleh seorang entrepreneur. Salah satu cara yang populer dan belakangan ini banyak diminati oleh pebisnis adalah sistem franchise atau wiralaba. Apa pengertian sistem franchise dan apa keuntungannya menjalankan skema bisnis ini? Yuk kita bahas.
Kata franchise sendiri berasal dari dialek kuno Bahasa Prancis yang berarti kebebasan atau keistimewaan. Dalam Bahasa Indonesia kata ini di kenal dengan kata waralaba. Wara yang berarti ‘lebih’ dan laba yang berarti ‘untung’.
Pada peraturan mentri Perdagangan Republik Indonesia (Permendag RI) No 71 tahun 2019, franchise atau waralaba merupakan hak khusus yang di miliki oleh perseorangan atau badan usaha terhadap sistem bisnis dengan ciri khas usaha dengan tujuan memasarkan barang dan/atau jasa yang telah berhasil dan dapat dimanfaatkan dan/atau oleh pihak lain sesuai perjanjian waralaba.
Baca juga: 3 Cara Jualan di Mokkaya bagi Pemula
Pengertian Sistem Franchise dan Keuntungannya
Maka secara singkat dapat di simpulkan bahwa pengertian sistem franchise adalah perjanjian pembelian hak untuk menjual sebuah jasa atau produk dari pemilik usaha.
Untuk menjalankan skema bisnis franchise, harus ada dua elemen tetap yang wajib kalian ketahui. Yakni franchisor (pemilik bisnis/ pemberi izin waralaba) dan franchisee (pembeli izin bisnis). Franchisor berperan dalam pemberian izin dan penjualan terhadap bisnis yang telah sukses di kelola sebelumnya.
Hal ini meliputi produk, merk dagang, serta sistem operasional bisnis. Pengertian sistem franchise merupakan seseorang atau sebuah badan yang menerima hak penjualan dari franchisor dan memberikan keuntungan berupa franchise fee dan royalti fee secara rutin pula kepada franchisor.
Franchise fee merupakan biaya awal yang harus dibayarkan oleh franchisee sebelum memulai bisnis waralaba. Sedangkan Royalti fee merupakan biaya yang harus dibayarkan oleh franchisee kepada franchisor selama jangka waktu tertentu setelah bisnis berjalan.
Dari sekian banyak sistem atau skema bisnis, pastinya ada alasan mengapa skema bisnis franchise menjadi salah satu yang paling diminati di Indonesia. Berikut keuntungan menggiurkan dari bisnis franchise.
-
Minim resiko
Memulai usaha dari awal akan cenderung memiliki resiko kegagalan yang lebih besar pula. Bisnis franchise memininalisir kerugian tersebut, karena pemilik usaha tak hanya memberikan proyeksi terhadap barang atau jasa yang akan dipasarkan, namun juga menunjukkan bukti bisnis yang telah teruji, sehingga calon partner bisnis tidak perlu khawatir terhadap exposure yang diperlukan untuk bisnisnya.
-
Minim branding
Skema franchise umumnya dimiliki oleh usaha yang telah terkenal, sehingga masyarakat tak lagi merasa asing. Calon franchisee tidak perlu lagi membangun citra sebuah brand sedari awal. Membangun citra sebuah brand tentunya bukan hal yang mudah. Hal ini membutuhkan waktu, dana dan energi yang tidak sedikit.
Jika anda memilih skema bisnis ini, maka anda memiliki citra brand yang sudah bagus tanpa harus memperjuangkannya dari awal, citra brand yang baik akan mempengaruhi minat konsumen untuk menggunakanatau mengkonsumsi brand tersebut.
Baca juga: 7 Cara Mengatur Uang Agar Tidak Boros
-
Memiliki rekan bisnis professional
Ketika melakukan perjanjian bisnis franchise, secara otomasis pemilik usaha menjadi rekan bisnis anda. Memiliki rekan bisnis yang profesional tentunya merupakan sebuah keuntungan besar. Sistem yang sudah solid menjadikan franchisee tak perlu rumit-rumit lagi memikirkan sistem operasional atau kebutuhan fasilitas.
Maka anda akan bisa lebih berfokus pada cara meraup keuntungan dan pengembangan bisnis yang lebih stabil. Andapun bisa mulai memerkatikan aspek pengetahuan terhadap pengertian sistem franchise manajemen bisnis untuk pembelajaran.
Keuntungan inilah yang membuat masyarakat Indonesia berminat terhadap skema penjualan pengertian sistem franchise. Hal tersebut wajib kamu ketahui sebelum memulai menjalankan bisnis franchise atau hanya untuk sekedar memperdalam pengetahuan kamu tentang bisnis.