Ini Tips Jualan Buah agar Tidak Cepat Busuk, Mudah dan Anti Ribet!
Berikan Rating!

Berjualan buah-buahan menjadi peluang usaha yang banyak diminati saat ini. Meski begitu, penyimpanannya juga harus diperhatikan. Ada tips jualan buah agar tidak cepat busuk yang sangat penting untuk diketahui. Langkah-langkah ini sangat membantu bagi para pelaku usaha agar tidak terlalu merugi.

Bagaimanapun juga, buah menjadi kebutuhan banyak orang untuk menjaga daya tahan tubuhnya. Sayangnya, penjual buah harus pintar untuk melakukan penyimpanannya. Apalagi, makanan ini bukan tergolong dalam kategori bahan yang tahan lama. Lantas, bagaimana caranya? Berikut ulasannya:

Tips Jualan Buah Agar Tidak Cepat Busuk

1. Usaha Buah dalam Kondisi Kering

Tips pertama yang harus di perhatikan yakni menjaga agar buah tetap dalam kondisi kering. Kadar air yang berlebih dalam buah bisa membuat buah tidak tahan lama. Alhasil, buah pun akan cepat busuk. Untuk itu, usahakanlah untuk menjaga kondisi dalam kondisi kering.

Selain itu, buah yang basah akan memicu perkembangan bakteri lebih cepat di bandingkan dalam keadaan kering. Pastikan, buah tetap kering, misalnya dengan memberikan las kertas ataupun tisu di tempatnya untuk menyerap kandungan air yang ada di kulit buah itu.

2. Jaga Suhunya

Ada buah yang bisa bertahan dalam suhu ruangan. Namun, ada pula yang harus di simpan di lemari pendingin. Bedakan, buah-buah yang bisa disimpan di suhu ruang dan lemari pendingin agar tidak bercampur satu sama lain.

Cara ini di lakukan untuk memperlambat proses pembusukan yang terjadi pada buah. Selain itu juga untuk memperlambat perkembangan bakteri yang mungkin saja ada di lapisan terluar buah tersebut. Usahakan, suhu ruangannya tidak terlalu panas ataupun terlalu lembab.

Baca Juga :   10 Bisnis Online Terpopuler Di Indonesia Tahun Ini Dan Terbaik

3. Gunakan Alas Kering

Tips jualan buah agar tidak cepat busuk berikutnya yakni dengan menggunakan las kering pada tempat buah. Jangan sampai alas yang di gunakan basah, karena dapat mempercepat proses bakteri berkembang.

RajaBackLink.com

Alas yang bisa di gunakan misalnya, kertas bertekstur ataupun tisu dapur untuk bagian bawahnya. Dengan begitu, buah pun akan terjaga dan punya daya tahan yang cukup lama. Untuk jenis buah tertentu, sebaiknya pilih wadah yang kedap udara. Hal ini di lakukan untuk menjaga kelembapan buah tersebut.

4. Jangan Mencuci Buah

Ada beberapa penjual buah yang menyajikan buahnya dalam keadaan bersih yang sudah dicuci. Hal ini sebenarnya tidak di permasalahkan, asalkan proses pengeringannya benar. Artinya, sewaktu mengeringkan buah tersebut harus dipastikan benar-benar kering.

Namun, pastikan untuk beberapa jenis buah tidak mencucinya. Hal ini untuk menjaga buah agar tidak mudah busuk. Apalagi untuk buah-buah yang tidak butuh udara lembab, tentu hal ini tidak perlu di lakukan. Cukup bersihkan dengan kain kering dan lap bagian kulit buahnya dengan baik.

5. Pisahkan Buah Satu dengan Lainnya

Langkah selanjutnya yakni dengan memisahkan antara buah satu dengan lainnya. Artinya, jangan menaruh buah yang sudah tampak busuk dengan buah yang masih segar. Hal ini lantaran, bakteri yang ada dalam buah yang busuk dapat mengkontaminasi buah-buah yang masih segar.

Untuk itu, penting bagi seorang penjual buah senantiasa melakukan cek pada buah-buahannya. Salah satunya yakni dengan melakukan hal tersebut agar tetap menjaga buah-buahannya tetap dalam kondisi baik ketika di jual kepada pembeli.

6. Menjaga Kebersihan Kulkas

Untuk buah yang di simpan di dalam kulkas, sebaiknya kebersihan kulkas tersebut harus tetap di jaga dengan baik. Jangan sampai kulkas yang di gunakan kotor dan bercampur dengan bahan makanan lainnya.

Baca Juga :   Cara Jualan Case HP Dan 5 Kelebihannya

Hal tersebut tentu tidak baik untuk ketahanan buah. Buah akan cepat busuk dan menjadikan penjualnya pun merugi. Pastikan melakukan cek rutin pada kulkas yang digunakan untuk menyimpan buah. Bersihkan secara teratur dan suhunya.

Nah, itulah tips jualan buah agar tidak cepat busuk. Cara-cara di atas memang terbilang sederhana, namun memiliki peranan yang besar. Apalagi yang terkait dengan kebersihan, tentu sangat penting untuk di perhatikan. Untuk itu, senantiasa cek pada buah-buahan yang di jual.

Bagikan Sekarang!

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content Is Protected !!