Alasan Kenapa Jualan Sepi dan Bagaimana Cara Mengatasinya
Berikan Rating!

Dalam melakukan usaha seperti berbisnis misalnya, tentu tidak akan selalu berjalan dengan mulus. Ada kalanya berbisnis mengalami hambatan seperti penjualan yang menurun dan sepi meskipun sudah berusaha. Nah berikut ini akan dibahas alasan kenapa jualan sepi, beserta kiat agar penjualan dapat meningkat:

Alasan Kenapa Jualan Sepi

Mungkin dalam setiap kasus sepinya penjualan terdapat perbedaan latar belakang dan kondisi usaha yang dijalani. Namun pada dasarnya, ada beberapa hal yang menjadi alasan di balik sepinya penjualan seperti yang berikut ini:

1. Kurangnya Kualitas Produk

Pada suatu kasus penjualan produk, kualitas produk ini memiliki peranan yang cukup penting. Produk harus mempunyai nilai yang tinggi dan sebanding atau bahkan lebih dari harganya. Hal tersebutlah yang di senangi oleh konsumen. Konsumen lebih merasa senang jika dapat mengeluarkan uang dengan sedikit namun mendapatkan kualitas yang maksimal.

Kualitas produk juga di tentukan dengan beberapa kriteria, yang harus melalui beberapa tahapan pengawasan agar kualitas terjamin. Jika kualitas terjamin maka konsumen akan lebih mempercayai produk tersebut karena sudah teruji berkualitas.

2. Produk Kurang Bersaing

Persaingan adalah hal yang wajar dalam sebuah bisnis. Ketatnya persaingan juga harus bertambah karena kini, produk dalam negeri bukan hanya bersaing satu sama lain, melainkan harus berperang dengan serbuan produk luar. Jika produk yang di hasilkan kurang bersaing, besar kemungkinan produk akan tenggelam dalam serbuan produk sejenis yang lebih bersaing.

Baca Juga :   7 Peluang Usaha Kreatif yang Menjanjikan di Indonesia Ini Dapat Dijadikan sebagai Rekomendasi

3. Pemasaran yang Kurang

usaha yang pasti di lakukan ketika berjualan adalah melakukan pemasaran. Namun, meskipun di lakukan tetapi hasilnya dapat berbeda-beda tergantung strategi pemasaran yang diterapkan pada setiap perusahaan. Untuk mengatasi hal ini penjual harus sangat berpikir kritis agar menciptakan strategi pemasaran yang sesuai.

4. Alasan Kenapa Jualan Sepi Kurang Inovatif

Pertumbuhan jaman yang cepat, lahir dari inovasi-inovasi yang terus di ciptakan setiap waktunya. Hal ini juga berlaku pada produk yang di jual yang harus selalu berinovasi dan up to date agar menarik minat konsumen. Bayangkan saja jika produk minim inovasi dengan tanpa adanya perubahan yang berarti akan membuat konsumen bosan dan dapat beralih pada produk lain.

RajaBackLink.com

5. Alasan Kenapa Jualan Sepi Harga Tinggi

Alasan kenapa jualan sepi? mungkin faktor harga menjadi penentu kenapa jualan selalu sepi. Harga merupakan sesuatu yang sensitif dalam dunia perdagangan. Hal ini karena banyaknya produk serupa yang di tawarkan dengan beragam harga. Konsumen akan selalu membanding-bandingkan harga termurah untuk dapat meminimalisir pengeluaran mereka namun tetap mendapatkan produk yang di inginkan.

Cara Menghadapi Penjualan yang Sepi

Setelah mengetahui alasan di balik sepinya penjualan, selanjutnya adalah langkah-langkah bagaimana menghadapinya dengan sebaik mungkin.

  • Jika di rasa penjualan terus menerus sepi dan tidak ada perkembangan. Ada baiknya rehat sejenak dan lakukan pertimbangan serta evaluasi terhadap berbagai hal. Bisa di mulai dengan evaluasi produk yang di jual, kemudian perlahan beralih ke bagian yang lainnya secara terstruktur agar terlihat letak kesalahannya seperti apa.
  • Ubah Rencana. Jika sudah di temukan dimana letak kesalahannya, selanjutnya yang bisa di lakukan adalah berputar haluan. Kesalahan yang di perbaiki dapat merubah strategi yang telah di susun sebelumnya dengan rencana yang baru. Strategi ini harus bersifat dinamis mengikuti arah yang lebih baik untuk mengikuti keinginan konsumen.
  • Membangun Network. Network atau relasi ini penting dalam dunia bisnis. Relasi dapat membuat penjual bisa membandingkan apa saja yang kurang dalam dirinya ketika berjualan daripada orang lain. Tentu tolak ukurnya adalah orang yang sudah lebih sukses dalam hal berjualan.
Baca Juga :   7 Jenis Perlengkapan Usaha Fotocopy Ini Wajib Dimiliki Terlebih Dahulu Sebelum Memulai Usaha

Nah itulah alasan di balik alasan kenapa jualan sepi? beserta cara mengatasinya. Jualan atau berbisnis pastinya menuntut jiwa kepemimpinan untuk turut ambil andil dalam pemilihan keputusan yang baik demi meningkatnya penjualan. Tidak bisa hanya diam di satu zona nyaman dan menunggu datangnya pembeli dengan sendirinya.

Bagikan Sekarang!

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content Is Protected !!