5 Bisnis Sampingan yang Mudah dan Menguntungkan

5 Bisnis Sampingan yang Mudah dan Menguntungkan

Banyak orang ingin memiliki bisnis sampingan untuk menambah pemasukan mereka. Namun, sebagian besar masih bingung usaha apa yang cocok untuk pemula.

Tak perlu khawatir, artikel berikut ini akan mengulas bisnis sampingan karyawan, mahasiswa, hingga pns. Ada banyak jenis usaha sampingan yang bisa kamu coba sesuai dengan minat masing-masing.

Rekomendasi Bisnis Sampingan Modal Minim

Penasaran dengan rekomendasi bisnis sampingan yang bisa menambah tebal dompetmu? Simak ulasan berikut ini!

1. Menjadi Freelancer

Ada banyak jenis pekerjaan freelance yang bisa kamu sesuaikan dengan keterampilan. Beberapa pekerjaan freelance yang bisa kamu coba adalah desain grafis, penulis, videografer, hingga penerjemah. Freelance menjadi bisnis sampingan mahasiswa yang menjanjikan jika kamu rajin mencari project.

Biasanya pekerjaan freelance berbentuk satu project yang tidak berkelanjutan. Freelancer akan mendapatkan fee setelah project selesai. Semakin banyak project yang kamu ambil, semakin banyak pula penghasilan yang akan kamu dapatkan.

Pekerjaan freelance bisa kamu temukan melalui platform online yang saat ini telah banyak bermunculan. Namun, kamu harus selektif dalam memilih project agar tidak mengalami penipuan.

Cari tahu latar belakang perusahaan/individu yang menawarkan pekerjaan tersebut. Jangan lupa tanyakan kesepakatan mengenai pekerjaan sebelum menerimanya.

Contoh pekerjaan freelance untuk mahasiswa

  • Desain grafis feed instagram
  • Jasa foto produk untuk umkm
  • Penerjemah jurnal
  • Penerjemah artikel
  • Penulis artikel

2. Bisnis Sampingan Online Shop

Berjualan secara online adalah bisnis yang bisa kamu kerjakan dengan mudah. Hanya dengan modal gadget, internet, dan barang jualan, kamu sudah bisa mendapatkan keuntungan yang melimpah.

Kamu bisa memanfaatkan media sosial dan marketplace sebagai sarana memasarkan barang atau jasa yang kamu jual. Tak masalah jika belum memiliki banyak modal untuk memulai, kamu bisa mencoba sistem dropship.

Dropshipper adalah sistem berjualan yang memungkinkan kamu tidak perlu mengeluarkan modal terlebih dahulu. Ini merupakan salah satu jenis bisnis sampingan gratis tanpa modal. Kamu cukup memasarkan barang milik supplier kemudian mereka akan mengirimkan pesanan konsumen tanpa harus melalui perantara terlebih dahulu.

Pelajari barang apa yang sedang ngetren di dalam pasar. Cari supplier yang harganya cocok kemudian langsung mulai jual barang tersebut.

Contoh barang yang bisa kamu coba jual secara online oleh pemula:

  • Sepatu
  • Jilbab
  • Makanan ringan
  • Baju
  • Produk-produk unik

3. Bisnis Jasa Les Privat

Untuk kamu yang senang mengajar, menjadi guru les privat pasti terasa menyenangkan. Kamu bisa melakukan hal yang kamu sukai dan mendapatkan penghasilan atas kegiatan tersebut.

Bisnis sampingan mahasiswa tanpa modal ini menjadi pilihan yang tepat bagi kamu. Selain mendapat penghasilan, tentunya kamu akan semakin banyak pengalaman.

Sama seperti freelance, jasa les privat juga ada banyak macamnya, mulai dari mata pelajaran SD hingga SMA. Pilihlah mata pelajaran yang kamu kuasai agar calon murid maupun orang tua murid percaya dengan kemampuanmu.

Berikan bukti bahwa kamu ahli dalam mata pelajaran tersebut dengan memberikan sertifikat lomba maupun nilai rapor yang pernah kamu dapatkan.

4. Menjadi Youtuber

Tips bisnis sampingan yang berikutnya adalah menjadi Youtuber. Sebagai salah satu media daring yang penggunanya terus bertambah, Youtube menjadi ladang bagi pebisnis yang memiliki kreatifitas tinggi. Menjadi Youtuber dapat menjadi usaha sampingan untuk semua orang yang memang memiliki niat untuk terjun di dunia kreatif..

Youtube bekerja mirip dengan Blog, pengguna harus membuat konten menarik dan berkualitas agar mendapatkan banyak penonton. Setiap pengguna yang melakukan monetisasi pada akunnya, bisa mendapatkan penghasilan dari video tersebut.

Dalam setiap video yang kamu unggah akan diberi sisipan iklan. Dari iklan inilah penghasilan Youtuber akan kamu dapatkan.

5. Usaha Makeup Artist

Bisnis sampingan sebagai makeup artist saat ini banyak beredar berbagai kalangan sebagai sumber tambahan penghasilan. Bagi yang belum mahir dalam memoles makeup pada wajah orang lain bisa belajar melalui Youtube dan internet. Ada banyak video tutorial yang bermanfaat untuk mengembangkan bakat dalam bermakeup.

Targetkan bisnismu untuk para pelajar yang banyak memiliki kegiatan semi formal seperti prom night dan foto buku tahunan. Biasanya para pelajar mencari jasa makeup artist dengan harga terjangkau untuk kegiatan seperti ini.

Bisnis Sampingan Manakah yang Tertarik untuk Kamu Coba?

Ada berbagai macam jenis bisnis sampingan bagi pemula. Pilihlah jenis bisnis yang tidak menyulitkanmu. Jika ingin berjualan online, carilah barang yang mudah ditemukan di sekitarmu. Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *