5 Rahasia Dibalik Kisah Sukses Usaha Ternak Entok Yang Banyak Dilakukan
Berikan Rating!

Pada dasarnya macam unggas yang terdapat dan diternakkan di Indonesia memang cukup beragam. Mulai dari ayam hingga entok, masing-masing mempunyai sisi kelebihan dan kekurangannya. Hingga tak jarang rahasia dibalik kisah sukses usaha ternak entok banyak dicari untuk diikuti. Tentunya bukan tanpa alasan, melainkan agar peternakan entok yang dimiliki bisa berhasil dengan keuntungan yang berlimpah.

Rahasia Dibalik Kisah Sukses Usaha Ternak Entok

Apabila di bandingkan dengan ayam, entok tergolong unggas yang memiliki daging lebih banyak serta cita rasa yang gurih. Dari segi tekstur, daging entok terbilang lebih kenyal dengan bentuk yang cukup tebal. Tidak jauh berbeda dari ayam, peternak juga bisa memanfaatkan pekarangan rumah sebagai tempat beternak entok. Berikut pembahasan mengenai kisah sukses dari kegiatan beternak unggas jenis entok:

Tutorial Cara Beternak Entok

Dengan banyaknya orang yang lebih tertarik untuk beternak ayam, membuat usaha peternakan entok mempunyai peluang tersendiri bagi para peternak. Untuk tata caranya bisa di simak dalam ulasan di bawah ini:

1. Penentuan Tempat Kandang

Hal pertama yang perlu di persiapkan untuk usaha ternak entok adalah lahan yang akan di gunakan sebagai tempat tumbuh dari entok itu sendiri. Kriterianya yakni tidak terlalu sempit karena entok termasuk unggas yang banyak bergerak serta menyukai tempat yang lembab. Untuk kebutuhan luas lahan dapat di sesuaikan dengan jumlah entok yang di pelihara.

2. Pemilihan Indukan

Peternak dapat memperoleh Indukan dari seorang produsen. Akan tetapi jangan asal pilih saja, pastikan terlebih dahulu kesehatan Indukan tersebut. Misalnya dengan melihat nafsu makannya yang tergolong baik serta pergerakan yang aktif dan beberapa kriteria lainnya. Pasalnya Indukan cukup berperan penting untuk menghasilkan entok yang berkualitas.

Baca Juga :   Alternatif Usaha dengan Modal 30 Juta dengan Mobil Pick Up yang Berprofit Tinggi

3. Pemberian Konsumsi

Selain makanan, peternak juga harus memperhatikan tumbuh kembang dari entok yang di ternakkan. Dengan memberikan sejumlah nutrisi seperti campuran konsentrat yang bisa meningkatkan nafsu makan entok. Jangan lupa untuk memberikan vaksin kepada entok, gunanya supaya entok mempunyai sistem kekebalan tahun sehingga tidak mudah terkena penyakit.

Baca Juga Sekarang :
5 Cara FYP TikTok Agar Konten Makin Viral
Tempat Mendapatkan Backlink Gratis dan Berkualitas
Rahasia Sukses Memperoleh Passive Income Dari Affiliate

RajaBackLink.com

4. Perjodohan

Proses ini bisa juga di sebut tahapan mengawinkan antara entok jantan dengan betina yang menjadi salah satu rahasia kisah sukses usaha ternak entok yang banyak di lakukan. Adapun tujuannya adalah supaya entok betina lebih cepat hamil dan memproduksi telur. Dari hal inilah seorang peternak bisa melihat pencapaian dengan berapa banyak telur yang di hasilkan atau entok kecil yang baru menetas.

5. Panen

Tahap ini merupakan tahapan yang paling di tunggu oleh para peternak. Pasalnya peternak dapat melihat keuntungan dari proses peternakan yang selama ini di lakukan. Biasanya pada proses ini peternak akan di hadapkan dengan pemasaran entok yang umumnya di jual kepada pengepul daging entok atau yang lainnya.

Kisah Sukses Usaha Ternak Entok

Kisah sukses usaha ternak entok, Diketahui bahwa Wahyudin sempat menjadi seorang pemulung bahkan sampai dirinya bergelar Sarjana Ekonomi. Singkat cerita pada tahun 2013 lalu, Wahyu mulai mengisi sejumlah acara yang ada di televisi. Dari kegiatan itulah wahyu memperoleh bayaran yang di sisihkannya untuk modal usaha ternak entok.

Peternakan yang di jalankan Wahyu berlokasi di dekat rumahnya dan di kelolanya sendiri. Alasan tidak memakai karyawan karena menurut Wahyu hal tersebut cukup mudah di lakukan karena hanya tinggal memberikan entok makan. Jumlah entok Wahyu saat itu masih 20an ekor karena masih dalam tahap riset serta development.

Baca Juga :   7 Tips untuk Usaha Warung Kelontong yang Calon Pebisnis Wajib Tahu Sebelum Mencoba

Itulah ulasan mengenai cara yang bisa menjadi rahasia dari kisah sukses usaha ternak entok yang banyak di lakukan. Bahkan seorang Wahyu yang dulunya sebagai pemulung sedikit demi sedikit mengumpulkan modal untuk ternak entok dan berhasil. Menurut Wahyu memulung merupakan sebuah proses sebagai batu loncatan, sehingga apabila ada yang lebih baik mengapa harus mulung?

Bagikan Sekarang!

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content Is Protected !!