Ingin Memulai Usaha Tambak Udang Perhatikan Informasi Ini
Berikan Rating!

Punya sepetak lahan dan sejumlah modal yang tidak sedang di gunakan, serta ingin memulai usaha tambak udang? Jangan bingung, karena semua bisa di wujudkan dengan mudah, asal tahu poin-poin apa saja yang harus di perhatikan darinya. Penasaran? Sebaiknya baca saja ulasan di bawah ini dengan seksama, untuk memahami setiap informasi yang di sajikan tentangnya!

Memulai Usaha Tambak Udang

1. Pelajari Teknik Budidaya Udang dari Pengusaha Terdahulu

Usaha tambak udang yang pertama, yang wajib di lakukan sebagai langkah utama dalam memulai usaha tambak udang adalah memahami teknik budidayanya. Pengetahuan ini bisa di peroleh pengusaha melalui berbagai macam cara, seperti:

  • Membaca buku tentang budidaya udang yang bisa di dapatkan di toko buku maupun marketplace online;
  • Menyaksikan video tutorial budidaya udang yang banyak tersedia di dunia maya baik sosial media maupun aplikasi video populer laiknya Youtube;
  • Mengikuti pelatihan budidaya udang yang di selenggarakan oleh pemerintah maupun kalangan profesional di bidangnya; dan
  • Jenis cara pemerolehan pengetahuan budidaya udang lain yang sesuai dengan kondisi masing-masing calon pengusaha.

2. Tentukan Jenis Udang yang Akan Dibudidayakan

Setelah memahami tentang teknik budidayanya maka perlu juga untuk memahami jenis benur yang di kembangkan. Pasalnya, sekarang ada banyak jenis udang yang memiliki karakteristik berbeda, semisal:

  • Udang windu yang bercorak seperti warna harimau dan dapat berkembang dengan baik di tambak ekstensif maupun intensif;
  • Jenis Vannamei yang merupakan jenis udang impor dan dapat di kembangkan pada tambak-tambak tradisional dalam berbagai skala kebutuhan, mulai dari kecil hingga besar;
  • Spesies udang galah dengan pembudidayaan pada jenis tambak berair tawar dan menjadi favorit masyarakat belakangan ini sehingga peluang usahanya sangat besar; serta
  • Berbagai jenis benur udang yang lain seperti dogol, jerbung, dan semacamnya.
Baca Juga :   Begini 6 Cara Jualan di Kudo Mudah, Bisnis Jualan Online Rumahan

3. Sesuaikan Lokasi Tambak dengan Konsepnya

Berbicara tentang lokasi ideal usaha tambak udang, maka daerah di dekat pantai adalah yang terbaik karena jenis tanahnya yang menunjang. Akan tetapi, sekarang ini bisa di akali dengan membuat konsep tambak yang di sesuaikan kebutuhan, semisal:

  • Tambak tradisional yang memanfaatkan lahan terbuka baik menggunakan jenis air tawar maupun air payau;
  • Variasi semi intensif yang berada di lahan terbuka namun di sertai dengan adanya sirkulasi keluar masuknya air tambak; serta
  • Konsep intensif yang lebih di modernisasi berupa petak kecil dengan sistem sirkulasi air dan teknologi kekinian yang memungkinkan hasil lebih optimal.

4. Siapkan Modal Pakan

Keempat, pengusaha juga perlu menyediakan pakan yang tepat agar benur dapat berkembang. Lazimnya, berupa pakan yang secara alamiah di butuhkan oleh udang pada habitat asli seperti diatome maupun zooplankton. Sebenarnya ini tidak terlalu sulit di dapatkan, karena hanya dengan menyebar NPK, TSP, dan pupuk Urea pada tambak, sepekan kemudian pakan tersedia sendirinya.

Baca Juga Selengkapnya :
Semua Tentang Digital Marketing
Jasa Website : Untungnya Menggunakan Jasa Website Profesional
7 Template Power Point Paling Keren Terbaru

5. Cari Rekomendasi Pemasaran Udang

Terakhir dan merupakan yang paling penting adalah menemukan lokasi pemasaran udang setelah dikembangkan nanti. Ada banyak alternatif yang bisa dilakukan oleh pengusaha tambak, semisal:

RajaBackLink.com
  • Menjual sendiri hasil udang skala kecil secara eceran kepada tengkulak kecil atau konsumen akhir;
  • Menyetorkan hasil udang kepada pengepul yang ada di pasar ikan;
  • Menawarkan pada pengusaha rumah makan atau restoran;
  • Melakukan ekspor udang atau bekerja sama dengan eksportir profesional; dan
  • Aneka strategi pemasaran lainnya yang dapat mengoptimalkan keuntungan.
Baca Juga :   Inilah Analisa Usaha Hidroponik Skala Kecil dan 5 Jenis Tanaman yang Cocok Ditanam

Nah, demikianlah rincian informasi penting dan menarik yang dapat di uraikan mengenai hal-hal yang wajib di perhatikan saat memulai usaha tambak udang bagi pemula. Bagaimana? Sejumlah poin yang telah di sajikan di atas cukup mudah untuk di pahami dan di jalankan bukan? Jadi tunggu apalagi, segera siapkan keperluannya dan mulailah mengembangkan usaha tambak yang di impikan!

Bagikan Sekarang!

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content Is Protected !!