Keunggulan Digital Marketing

Mengenal Pengertian, Jenis Serta Keunggulan Digital Marketing

Digital Marketing era globalisasi merupakan era dimana semua akses dapat dilakukan serba online. Bisnis pun kini dapat dilakukan hanya dengan melakukan online saja. Tentunya Anda pernah dan sering melihat iklan yang berseliweran di dunia maya. Nah, iklan tersebut merupakan salah satu digital marketing yang dilakukan oleh perusahaan brand tersebut.

Pengertian Dan Jenis Digital Marketing

Pengertian digital marketing adalah sebuah proses kegiatan yang bertujuan untuk mempromosikan sebuah produk melalui media internet. Mengapa memilih internet, karena dengan melakukan iklan didunia online akan lebih celat menyebar infornasinya.

Oleh karena itu, kini banyak sekali perusahaan yang memanfaatkan era digital untuk memperkenalkan dan memperdagangkan produknya. Jenis digital marketing banyak sekali, dan berikut adalah rinciannya:

1. Website

Website merupakan sebuah bentuk profesionalisme sebuah perusahaan yang memiliki produk. Karena dalam sebuah website perusahaan telah mencakup segala keterangan tentang perusahaan tersebut. Mulai dari branding perusahaan, product knowledge hingga beberapa value dari perusahaan tersebut. Maka tak heran kini banyak sekali perusahaan yang mengandalkan website sebagai media promosi.

2. Social Media Marketing

Social media marketing meliputi beberapa media iklan online yang terbilang hemat biaya. Karena memang ada beberapa media sosial yang menyajikan sarana iklan secara gratis. Seperti Facebook, Instagram, Twitter dan lain sebagainya.

3. Search Engine Marketing (SEM)

SEM merupakan mesin pencarian google yang menjadi penunjang promosi yang dilakukan dalam sebuah website. Meski memang masih ada SEO yang menjadi pilihan daripada SEM. Namun SEM lebih cepat menyebarkan informasinya karena berbayar dan tergolong lebih mahal daripada SEO.

4. Video Marketing

Video marketing lebih intim dalam menjelaskan sebuah produk. Karena dalam kegiatan ini Anda bisa melakukannya secara langsung dengan menjelaskan produk beserta dengan testimoni yang dipromosikan.

5. Online Advertising

Kegiatan promosi ini terbilang lebih menguras biaya, karena tergolong sangat mahal jika dibandingkan dengan media promosi sebelumnya. Akan tetapi dengan memakai media ini, segala bentuk promosi yang Anda tawarkan dapat dengan cepat diterima oleh masyarakat.

6. Email Marketing

Kegiatan ini merupakan kegiatan promosi yang dilakukan dengan mengirimkan sebuah pesan promosi melalui email. Tentu saja kegiatan promosi memakai email lebih tertarget, karena pesan yang Anda kirim langsung menuju target market.

Keunggulan Dari Digital Marketing

Setelah mengetahui jenis-jenis digital marketing yang bisa dipilih sebagai media promosi, baiknya pahami keunggulannya. Berikut adalah beberapa keunghulan dari digital marketing:

  1. Cepat Dan Luas

Jangkauan pasar terlihat lebih luas, dan juga dalam penyampaian iklan akan cepat sampai pada calon pembeli. Karena media internet terkenal dengan kecepatannya dalam menyajikan sebuah informasi. Keluasan yang dimiliki dunia digital dapat mencapai seluruh pelosok di seluruh penjuru dunia.

  1. Mudah Melakukan Evaluasi

Dengan sebuah sistem yang canggih ini, Anda bisa lebih mudah meng-evaluasi hasil dari iklan yang telah ditayangkan. Karena Anda dapat menilai iklan tersebut dari hasil penonton iklan, hingga seberapa besar konversi iklan tersebut terhadap penjualan.

  1. Murah Serta Efektif

Penekanan biaya pada media digital sangat membantu pengusaha kecil. Karena biaya pengeluaran dapat ditekan menjadi lebih hemat dan terlihat efektif. Kini  banyak pengusaha kecil yang beralih untuk menggunakan dunia digital.

  1. Media Branding

Melalui media digital inilah, branding perusahaan akan lebih cepat diterima oleh masyarakat. Karena kini, eksistensi dunia maya menduduki barisan paling depan dalam mem-branding diri atau perusahaan. Meski produk baru baru saja diluncurkan, jika pemasaran dengan digital ini tepat makan akan lebih mudah dikenal dan diketahui banyak orang.

Itulah tadi penjelasan tentang digital marketing hingga jenis dan keunggulannya. Selamat mencoba media digital untuk menjalankan bisnisnya. Semoga bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *