7 Cara Jualan Motor Bekas agar Mudah Laku
Berikan Rating!

Ketika ingin menjual motor bekas, pasti rasanya ingin segera laku. Apalagi jika butuh uang segera. Untuk itu, ketahui cara jualan motor bekas agar mudah laku sehingga Anda lekas mendapatkan uangnya.

Peluang Bisnis Cara Jualan Motor Bekas

Motor, kendaraan roda dua yang satu ini memang sudah lama jadi transportasi pilihan masyarakat Indonesia. Bentuk yang slim dan mudah menerobos kemacetan membuat motor menjadi kendaraan yang ideal untuk digunakan di jalanan Indonesia. Maka, tidak mengherankan jika motor memiliki banyak peminat.

Namun, motor bukanlah barang yang murah. Butuh belasan hingga puluhan juta rupiah untuk membeli satu motor baru sehingga tidak semua kalangan mampu membelinya. Bahkan, beberapa orang rela menggadaikan barang atau menabung bertahun-tahun untuk membeli motor tersebut. Tidak jarang, banyak yang memilih kredit beli motor.

Masalah ini sebenarnya adalah peluang besar untuk membuka usaha dengan cara jualan motor bekas. Membeli motor bekas merupakan alternatif terbaik untuk memiliki kendaraan bermotor dengan harga yang lebih terjangkau. Ditambah lagi, sekarang ramai ojek online sehingga turut meningkatkan permintaan pada produk tersebut. Maka, dapat dipastikan bisnis ini akan terus berkembang kedepannya.

Strategi Cara Jualan Motor Bekas Bagi Pemula

Bingung memulai bisnis jualan motor bekas tersebut, terutama Anda masih pemula? Jangan khawatir, ada banyak strategi yang bisa Anda coba. Cara jualan motor bekas beserta strateginya dapat Anda simak berikut ini.

  1. Cara Jualan Motor Bekas Melakukan Survei

Saat memutuskan berbisnis ini, tentu Anda sudah memikirkan modalnya. Buka usaha jualan motor bekas bukanlah bisnis yang murah, tapi untungnya juga lumayan. Namun, Anda bisa langsung melakukan survei jika sudah memiliki modal yang cukup.

Baca Juga :   Tips dan Trik 3 Cara Jualan Netflix di Shopee

Melakukan survei ini sangatlah penting agar Anda bisa memperoleh barang sekaligus pasar yang tepat. Tujuan survei tersebut, yakni mendapatkan data pengepul motor bekas yang layak sekaligus lengkap surat-suratnya. Anda dapat membeli motor dari pengepul tersebut kemudian menjualnya lagi. Namun, sebaiknya Anda juga tahu cara beli motor bekas yang tepat seperti apa.

RajaBackLink.com

Sebenarnya, sejak awal Anda juga bisa menjadi pengepul motor bekas terlebih dahulu. Setelah terkumpul, baru kemudian bisa menjual motor tersebut dengan harga yang lebih mahal. Cara jualan motor bekas ini bisa di katakan bukan sekadar menjual tapi juga sekaligus membeli.

Selain itu, survei ini juga membantu Anda agar tahu kisaran harga motor bekas berdasarkan varian merk yang ada. Setidaknya, Anda memiliki gambaran bagaimana menjalankan bisnis tersebut meskipun masih pemula.

Baca Juga Selengkapnya :

Tutorial Hijab Segi Empat Simple Dan Modis
Belajar Google Ads Pemula
Cara fyp Di Tiktok
Cara Jual Bensin Eceran
Kisah Sukses Usaha Ternak Entok

  1. Menginspeksi kondisi kendaraan

Selanjutnya, melakukan inspeksi secara penuh pada kondisi motor. Hal ini guna memastikan bahwa motor yang Anda jual masih layak dan bisa digunakan. Pengecekan tidak hanya pada bagian luarnya saja, tapi menyeluruh pada kondisi mesin dan komponen dalamnya.

Anda bisa mencoba testimoni motor bekas tersebut dahulu. Apabila butuh pengecekan atau perbaikan lebih lanjut, Anda bisa mempekerjakan montir atau membawanya lebih lanjut. Melakukan inspeksi motor sangatlah penting karena ini termasuk proses quality control sebelum produk dijual. Dengan begitu, Anda bisa memberikan pelayanan terbaik melalui produk motor bekas yang berkualitas.

Tambahan saja, jangan lakukan modifikasi pada motor yang Anda jual. Modifikasi seperti memberikan stiker, mengganti spion, atau knalpot dengan gaya motor anak jalanan hanya akan membuat harga motor bekas tersebut jatuh. Kecuali, jika memang Anda menjual produk motor bekas dengan modifikasi tertentu.

  1. Memastikan dokumen lengkap

Meski Anda menjual motor bekas, bukan berarti tanpa dokumen atau surat motor. Jika Anda melakukannya, artinya motor tersebut merupakan motor bodong atau motor curian. Selain itu, cek secara cermat bahwa kelengkapan surat motor tersebut berupa dokumen asli.

Baca Juga :   5 Cara Jualan Followers IG dan Strategi Agar Laris

Inilah resiko jual beli motor bekas jika Anda tidak teliti, yakni mendapatkan motor yang murah tapi ternyata suratnya palsu. Jangan sampai Anda mengalami hal tersebut sehingga pengecekan pada dokumen merupakan hal terpenting. Pengecekan tersebut mulai dari keberadaan dokumen, masa aktif dokumen, kesesuaian dokumen dengan pemilik dan jenis motor, serta lainnya.

  1. Pilih lokasi jualan yang strategis

Pemilihan lokasi merupakan hal yang penting Anda pertimbangkan karena bisnis jualan motor bekas tidak akan laku tanpa ada konsumen yang tahu. Maka dari itu, pilih lokasi yang strategis seperti di pinggir jalan, mudah dijangkau, dan termasuk area yang ramai.

Di sisi lain, Anda dapat pula mencoba strategi jualan motor bekas online. Caranya dengan membuka toko di e-commerce ternama seperti Tokopedia atau Shopee. Dengan berjualan secara online, Anda memberikan kemudahan bagi calon konsumen untuk mengenal lebih lanjut produk tersebut. Toko online tersebut bisa menjadi katalog pula.

Jual motor bekas online, lalu pengirimannya bagaimana? Soal itu, Anda dapat melakukan pengaturan untuk menyediakan penjualan secara COD saja atau sekaligus memberikan opsi pengiriman barang. Namun, perhitungkan biaya dan resikonya pula.

  1. Cara Jualan Motor Bekas Melakukan Promosi

Cara jualan motor bekas tentu tidak akan lengkap tanpa melakukan promosi. Anda dapat mempromosikannya melalui sosial media atau membuat situs resmi. Promosi secara konvensional juga diperlukan seperti menyebar pamflet atau memasang reklame.

Apabila terbatas dana iklan, promosi secara online juga sudah cukup asal bisa mengoptimalkannya. Misal, dengan cara share info bisnis tersebut ke grup-grup yang relevan seperti grup atau komunitas otomotif. Membuat live streaming di TikTok seperti yang sedang ngetren saat ini. Lakukan promosi tersebut dengan cara unik dan menarik sehingga mengundang banyak audiens. Beberapa penjual di media sosial seperti TikTok pun telah berhasil membuktikannya.

  1. Kolaborasi dengan showroom

Jika Anda merupakan pebisnis pemula, bekerja sama dengan showroom bisa jadi opsi tepat. Beberapa showroom motor tidak hanya menjual produk baru, tapi adapula yang menyediakan motor bekas. Ini merupakan kesempatan bagus untuk mendapatkan stok motor bekas sehingga Anda tidak perlu susah payah mencari pengepul saat produk tinggal sedikit.

  1. Update stok

Setiap tahun selalu ada motor baru yang dirilis sehingga Anda juga perlu update info tersebut. Anda bisa mengakses berbagai situs otomotif untuk mendapatkan ragam informasi terbaru seputar motor. Segera dapatkan barang baru tersebut karena tidak jarang banyak orang menginginkan motor jenis baru meski bekas.

Baca Juga :   5 Cara Jualan Pulsa di Lazada bagi Pemula

Cara jualan motor bekas seperti ini menunjukkan bahwa toko Anda selalu upgrade sehingga turut meningkatkan pelayanan pada konsumen. Misal, ada produk keluaran baru tapi toko Anda tidak menyediakannya. Tentu, konsumen akan kecewa sehingga dapat menurunkan kepuasan konsumen pada bisnis Anda.

Sekian rangkain info mengenai cara jualan motor bekas tersebut. Semoga info tersebut bermanfaat terutama bagi Anda yang berminat pada bisnis ini. Yakinlah bahwa memulai jualan motor bekas memang tidak mudah dan butuh proses, tapi sekalinya berhasil akan untung banyak.

Bagikan Sekarang!

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content Is Protected !!