Pahami Cara Usaha Ternak Lele Pemula agar Selalu Untung
Berikan Rating!

Budidaya lele adalah bisnis yang menggiurkan, sehingga banyak orang yang bereksperimen. Pemula yang menggeluti bisnis ini tidak terkecuali, agar selalu untung ada baiknya memahami usaha ternak lele pemula agar bisnis selalu menguntungkan. Budidaya lele dapat dilakukan dengan berbagai cara, seperti:

Cara Usaha Ternak Lele Pemula (Cara Tradisional)

Dahulu, orang-orang pedesaan membudidayakan lele cara tradisional. Cara ini tergolong mudah tetapi hasil panennya sedikit. Masyarakat pedesaan menggunakan cara ini karena biasanya lele digunakan untuk konsumsi sendiri sehingga hanya memanfaatkan peralatan seadanya. Berikut ini cara beternak secara tradisional:

1. Menyiapkan Kolam Tanah

Budidaya lele cara tradisional, kolam tanah masih digunakan. Dahulu, kolam tersebut dibuat di halaman depan rumah atau dekat sawah sebagai pengisi waktu luang saat setelah panen sawah. Cara ini bisa juga dilakukan oleh pemula dengan membuat kolam tanah terlebih dahulu.

2. Pastikan Memiliki Aliran Air Deras

Peternak pemula masih bergantung pada alam dan teknologi yang sederhana. Demikian juga untuk ternak lele ini masih memanfaatkan air sungai yang deras untuk dialirkan pada kolam tersebut. Namun, cara ini berisiko karena air sungai bisa kering saat musim kemarau sehingga tidak dapat mengalir pada kolam tersebut

Baca Juga :   7 Tips untuk Memulai Usaha Sparepart Motor untuk Pemula Ini Perlu Diperhatikan

3. Menutup Kolam dengan Jala

Khusus di pedesaan, binatang malam seringkali keluar pada malam hari dan memakan lele tersebut. Maka dari itu, peternak pemula yang ingin membuat kolam di desa, sebaiknya menggunakan jala untuk menutup kolam saat malam hari agar terhindar dari binatang malam tersebut, misalnya musang.

4. Memberi Pakan Seadanya

Usaha ternak lele pemula  ini tidak membutuhkan modal besar karena pakan ikannya cukup sederhana. Misalnya bekicot sawah, sayuran bekas yang sudah busuk, sisa makanan. Semua pakan untuk lele tersebut nyaris tidak membutuhkan modal besar, hanya saja hasil panennya tidak maksimal.

5. Siapakan Biaya untuk Panen

Budidaya lele dengan cara tradisional ini lebih murah saat merawat lele tersebut. Namun, saat panen tiba, peternaknya membutuhkan banyak bantuan dari orang sekitar untuk membantu menangkap lele tersebut sehingga biaya yang di keluarkan akan lebih besar karena harus membayar upah orang yang membantunya.

RajaBackLink.com

Usaha Ternak Lele Pemula Dengan Cara Modern

Cara modern memberikan hasil yang melimpah di bandingkan cara tradisional, sehingga cara ini harus di ketahui oleh pemula bila ingin mendapatkan hasilnya maksimal. Beberapa kendala yang di miliki peternak adalah lahan yang kecil, modal minim, serta sumber air sedikit. Kendala tersebut bisa di minimalisir dengan cara modern, seperti berikut ini:

1. Menyiapkan Terpal untuk Membuat Kolam

Pemula menggunakan terpal untuk membuat kolam sebagai usaha ternak lele pemula ini, sehingga tidak membuat kolam tanah dengan besarnya biaya yang harus di keluarkan. Penggunaan terpal ini cukup praktis karena terpal bisa di simpan setelah panen serta di gunakan kembali.

Baca Juga Selengkapnya :
Semua Tentang Digital Marketing
Jasa Website : Untungnya Menggunakan Jasa Website Profesional
7 Template Power Point Paling Keren Terbaru

Baca Juga :   Menarik, Ini Rekomendasi Peluang Usaha di Batam yang Menjanjikan!

2. Gunakan Sistem Sirkulasi untuk Air Kolam

Air yang di alirkan dari air sungai memiliki banyak resiko, misalnya kekeringan. Berbeda dengan sistem sirkulasi ini karena penggunaan air lebih hemat. Sistem sirkulasi yaitu air yang mengalir ke kolam akan di putar kembali menggunakan mesin hingga kembali ke kolam.

3. Menggunakan Pelet Ikan

Budidaya ikan lele dengan cara ini berbeda dengan cara tradisional Pakan ikan yang di gunakan untuk budidaya lele ini harus pelet asli agar ikan tersebut tumbuh besar lebih cepat serta menghasilkan banyak bibit baru.

4. Menggunakan Peralatan Lebih Canggih

Usaha ternak lele pemula dengan cara ini menggunakan peralatan canggih, seperti peralatan untuk sirkulasi air, timbangan digital untuk mengukur beratnya sebelum dipanen, serta mesin untuk memanen.

5. Siapkan Biaya Besar untuk Panen

Cara ini tidak membutuhkan biaya besar karena nyaris tidak membutuhkan banyak tenaga manusia yang di perbantukan ketika panen. Saat panen, lele akan di pindahkan ke kolam untuk panen menggunakan peralatan khusus.

Beternak ikan lele merupakan solusi untuk berbisnis yang menguntungkan karena tingginya konsumsi lele di pasaran. Maka dari itu, bagi pemula yang akan memulai bisnis ini harus mengetahui cara tepat bila ingin memulai usaha ternak lele pemula.

Bagikan Sekarang!

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content Is Protected !!